6 Cara Hidup Hemat Agar Kebebasan Finansial Segera Tercapai

Saat ini, banyak generasi muda mulai mencari cara hidup hemat supaya bisa mencapai kebebasan finansial, mulai dari membuat skala prioritas dalam perencanaan keuangan hingga kalkulasi pengelompokan penghasilan.

Istilah frugal living kini cukup populer di kalangan milenial dan gen Z. Istilah ini merujuk pada gaya hidup yang dipilih untuk hidup hemat dan membeli segala sesuatu berdasarkan kebutuhan.

Cara ini bisa diterapkan apabila Anda memiliki cita-cita untuk mencapai financial freedom di masa muda. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

Cara Hidup Hemat atau Frugal Living

1. Tentukan Pengeluaran Prioritas saat Membuat Daftar Pengeluaran

Saat membuat daftar pengeluaran bulanan, pikirkan dengan matang mana pengeluaran yang bersifat prioritas dan mana yang kebutuhan pokok sehari-hari, hingga kebutuhan yang masih bisa ditunda dengan cara menabung.

Anda bisa memanfaatkan tools atau aplikasi yang membantu dalam memprioritaskan kebutuhan. Pastikan membeli barang yang bisa dipakai dalam waktu lama.

2. Konsisten dan Komitmen

Lakukan evaluasi dari periode sebelumnya apakah pengeluaran lebih besar atau lebih kecil dari pendapatan. Bila lebih kecil maka kontrol finansial Anda sudah bagus sehingga perlu dipertahankan supaya jadi kebiasaan baik.

Akan tetapi, bila pengeluaran lebih besar dari pendapatan maka ada yang keliru dalam perencanaan dan pengelolaan finansial Anda. Lakukan evaluasi, pelajari dan konsisten untuk periode selanjutnya.

3. Bijak saat Berbelanja

Untuk mendukung perencanaan finansial Anda supaya dapat terkontrol, terapkan sifat bijak dalam berbelanja. Mulai dari berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari, kebutuhan sekunder, hingga sekara berbelanja fashion.

Apabila Anda terbiasa membeli tas atau handphone sesuai tren atau barang apa yang sedang populer, maka buang kebiasaan buruk tersebut secara perlahan-lahan. Termasuk kebiasaan FOMO saat Anda terbiasa melakukan kuliner saat ada restoran baru buka.

4. Gunakan Promo atau Diskon

Saat ini ada banyak kemudahan promo atau diskon yang bisa Anda dapatkan. Apalagi trennya berbelanja secara online melalui website atau aplikasi e-commerce dan marketplace.

Anda bisa memanfaatkan diskon tanggal cantik seperti 1.1 atau 2.2 hingga diskon hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Natal dan Tahun Baru untuk mendapatkan barang dengan harga murah.

Saat-saat seperti itu setiap merchant atau brand produk akan memberikan promo atau diskon besar-besaran bahkan hingga 90 persen.

Akan tetapi, tetap disesuaikan dengan ketersediaan budget untuk berbelanja atau mempertimbangkan fungsi dan manfaat barang tersebut. Bila Anda belum terlalu membutuhkan barang tersebut maka tidak usah memaksanya untuk membeli.

5. Trik Pembagian Pos Pengeluaran 50-30-20

Salah satu cara jitu untuk mengelola keuangan adalah dengan menerapkan metode 50-30-20. Adapun perinciannya antara lain:

  • 50% untuk pengeluaran kebutuhan pokok seperti membayar listrik, kebutuhan makan hingga kebutuhan bulanan
  • 30% untuk kebutuhan sewa atau cicilan
  • 20% untuk sedekah dan menabung atau investasi

6. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Kartu kredit sebetulnya memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menjaga cash flow keuangan dengan baik.

Namun, seringkali seseorang tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit, yakni digunakan untuk kegiatan konsumtif.

Padahal, apabila digunakan dengan bijak dan sesuai kebutuhan ada banyak manfaat yang didapatkan, seperti mendapatkan promo untuk pembelian barang, hingga menaikkan kredit skor yang berguna untuk peminjaman modal bisnis.

Nah itu dia informasi mengenai cara hidup hemat agar mencapai kebebasan finansial, semoga menginspirasi.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar