6 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengatasi Depresi

Kunyit merupakan sejenis jahe-jahean dengan warna kuning-oranye cerah yang umum ada dalam masakan India, Asia Tenggara, dan Timur Tengah. Kunyit juga telah digunakan sebagai obat di tempat-tempat seperti India selama berabad-abad untuk mengobati masalah seperti masalah pernapasan.

Belakangan ini, kunyit disebut-sebut sebagai makanan super yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari WebMD, berikut ini adalah manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh:

1. Depresi

Beberapa senyawa dalam kunyit dapat mendukung kesehatan tubuh dan yang paling terkenal adalah kurkumin. Para ilmuwan menyebutkan bahwa kurkumin memiliki potensi untuk meredakan depresi dan membantu antidepresan bekerja lebih baik. Namun sejauh ini, hasil penelitian beragam.

2. Diabetes tipe 2

Karena kurkumin dapat membantu melawan peradangan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil, kurkumin bisa menjadi alat yang berguna untuk mencegah atau mengobati diabetes tipe 2. Satu studi mengikuti 240 orang dewasa dengan pradiabetes dan menemukan bahwa mengonsumsi suplemen kurkumin selama 9 bulan menurunkan peluang mereka terkena diabetes.

3. Infeksi virus

Jika kamu merasa sedang tidak enak badan, minum eh kunyit bisa menjadi salah satu cara mengatasinya. Kurkumin dapat membantumu melawan berbagai virus, termasuk herpes dan flu.

Perlu diingat bahwa kunyit hanya mengandung sekitar 3% kurkumin, dan tubuh tidak dapat menyerap kurkumin dengan baik. Jadi, mengonsumsinya sesekali mungkin tidak akan membantu.

4. Premenstrual syndrome (PMS)

Sebuah studi baru-baru ini yang meneliti wanita selama tiga siklus menstruasi berturut-turut, dan menemukan bahwa suplemen kurkumin membantu meringankan gejala PMS.

5. Arthritis

Kunyit memiliki kandungan untuk meredakan nyeri sendi, kekakuan, dan pembengkakan. Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian sebelum kunyit menjadi pengobatan radang sendi. Jika kamu memutuskan untuk mencobanya dalam mengatasi nyeri sendi, bantu tubuh untuk menyerap kurkumin alami dengan mengonsumsi kunyit bersama lada hitam.

6. Sakit kepala

Karena jahe relatifnya adalah obat sakit kepala alami yang terkenal, tidak mengherankan jika kunyit juga direkomendasikan sebagai pengobatan sakit kepala terutama untuk migrain. Meskipun begitu, hanya ada sedikit bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa kunyit dapat mengobati atau mencegah sakit kepala.

sumber: medcom.co.id

Putri Balige
Author: Putri Balige

Tinggalkan Balasan