6 Tempat Wisata yang Dekat dengan Stasiun Bogor

Bogor sering jadi pilihan destinasi wisata warga Jakarta dan sekitarnya. Lokasinya tidak terlalu jauh dan mudah diakses, bisa dengan kendaraan pribadi maupun kereta. Di dekat stasiun Bogir banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Bahkan ada tempat wisata ini bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki dari stasiun.

Jadi jika ingin berlibur di Bogor, wisatawan bisa mengunjungi berbagai tempat wisata yang menarik dan ramah di kantong yang dekat dengan Stasiun Bogor. Berikut 6 tempat wisata Bogor yang bisa dipilih.

 

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor menjadi tempat hidup ribuan jenis tumbuhan. Pepohonan hijau di dalamnya membuat kebun ini sangat asri. Kebun Raya Bogor berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No. 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, yang lokasinya berada tidak jauh dari Stasiun Bogor.

Kebun ini merupakan saksi bisu keberadaan bangsawan Belanda di Indonesia. Ketika zaman penjajahan, orang-orang Belanda menjadikan Kebun Raya Bogor sebagai pusat ilmu pengetahuan yang khususnya dalam bidang botani.

 

Kebun Raya Bogor setiap hari Senin sampai Minggu, puku; 08.00 sampai 16.00. Tiket masuk ke Kebun Raya Bogor sekitar 15.500 per orang untuk hari biasa dan 25.500 per orang untuk hari libur.

 

2. Museum Zoologi

Museum Zoologicum Bogoriense atau Museum Zoologi Bogor (MSB) telah berdiri sejak 1894. Pendiri museum ini merupakan peneliti botani yang berasal dari Belanda, yaitu Dr. J. C. Koningsberger, tapi kini dikelola oleh Pusat Penelitian Biologi-LIPI Bidang Zoologi.

Museum ini memiliki koleksi 650 jenis mamalia, 12.000 jenis ikan, 1.000 jenis burung, 763 jenis reptil dan amfibi, 12.000 jenis serangga, 959 jenis moluska, serta 700 jenis hewan invertebrata non serangga dan moluska, seperti cumi-cumi dan ubur-ubur. Selain koleksi tersebut di museum ini terdapat koleksi mamalia yaitu kerangka paus biru.

Museum ini berlokasi di jalan Ir. H. Juanda, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat. Harga tiket masuk ke museum ini sekitar 15.000 per orang untuk wisatawan lokal dan 25.000 per orang untuk wisatawan asing. Jam buka museum ini setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00.

Zona taman Meksiko area ini bertujuan memperkenalkan jenis tumbuhan yang berasal dari Meksiko, sebagian besarnya tumbuhan yang hidup di daerah yang tandus, Bogor, Jumat, 05 Nopember 2021. Tempo / Dika Yanuar

 

3. Taman Meksiko

Taman Meksiko adalah salah satu bagian dari Kebun Raya Bogor. Taman ini memiliki koleksi tanaman kaktus dan 100 tumbuhan spesies seperti agave, yucca, kaktus dan tumbuhan sukulen lainnya. Taman ini berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Harga tiket masuk ke Taman Meksiko sekitar 15.000 per orang untuk hari biasa dan 20.000 untuk hari libur. Jam buka lokasi ini setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00.

4. Museum dan Monumen PETA

Museum PETA (Pembela Tanah Air) berisi sejarah tentang bukti-bukti perjuangan para tentara Indoneisa saat bertempur melawan penjajah, mulai dari diorama, senjata, hingga pakaian yang digunakan di masa penjajahan.

Museum PETA berlokasi di Jalan Jend. Sudirman No. 35, Pabaton, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Tiket masuk ke lokasi ini Rp3.000, dan jam buka lokasi ini setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00.

 

5. Curug Luhur

Curug luhur berlokasi di jalan Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya,Kabupate Bogor, Jawa Barat. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Stasiun Bogor, hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam.

Curug ini sangat ramai didatangi wisatawan karena memiliki pemandangan dua air terjun dan waterpark dengan permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Harga tiket masuk ke lokasi Curug Luhur sekitar 45.000 per orang. Jam bukanya setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 18.00.

 

6. Devoyage Bogor

Devoyage Bogor adalah wisata kekinian dengan konsep taman yang berisi bangunan atau landmark yang terkenal dari berbagai negara Eropa. Lokasi wisata ini terletak di jalan Bogor Nirwana Residence, Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor.

Untuk tiket masuk ke lokasi ini Rp30.000 per orang untuk hari biasa dan Rp40.000 per orang untuk hari libur. Devoyage Bogor buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 18.00.

 

 

Sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar