6 Wisata Perosotan Pelangi di Jawa Tengah, Meluncur di Hutan Pinus

Perosotan pelangi atau dikenal sebagai rainbow slide menjadi tren baru wahana di sejumlah tempat wisata. Jika kamu penasaran menjajal keseruannya saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, berikut daftar wahana perosotan pelangi di Jawa Tengah.

Pengunjung bisa merasakan keseruan meluncur di perosotan raksasa dengan menaiki ban atau alat bantu lainnya. Selain seru, perosotan pelangi ini cukup Instagramable karena menawarkan warna-warna cerah, seperti merah, kuning, dan hijau.

Tidak sedikit wisatawan yang mengabadikan momentum keseruan naik perosotan pelangi. Perosotan pelangi juga dapat dinikmati wisatawan berbagai usia, dari anak-anak hingga dewasa.

Wahana perosotan pelangi di Jawa Tengah

Kompas.com merangkum sejumlah destinasi wisata yang menyediakan wahana perosotan pelangi di Jawa Tengah, sebagai berikut:

1. Dusun Semilir, Semarang

Dusun Semilir merupakan obyek wisata populer di Semarang dan sekitarnya. Obyek wisata ini, memiliki wahana permainan ikonik yakni perosotan pelangi setinggi 30 meter, dikutip dari Kompas.com (11/12/2022).

Pengunjung akan merasakan sensasi meluncur dari ketinggian melalui lintasan sepanjang sekitar 130 meter. Namun, tidak semua pengunjung bisa naik perosotan pelangi Dusun Semilir karena ada batasan penumpang, salah satunya berat badan maksimal 85 kilogram (km).

Selain perosotan pelangi, Dusun Semilir memiliki wahana seru lainnya seperti Dusun Salju, panahan, ATV, sepeda listrik, playground, dan lainnya. Dusun Semilir berlokasi di  Jalan Soekarno – Hatta Nomor 49, Bawen, Kabupaten Semarang.

2. Borobudur Land, Magelang

Borobudur Land merupakan obyek wisata di Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Destinasi yang baru buka pada 15 April 2023 ini, berlokasi sekitar sepuluh menit dari Candi Borobudur.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (5/4/2023), Borobudur Land mengusung konsep wisata rekreasi dengan aneka wahana. Salah satu wahannya adalah perosotan pelangi yang pertama hadir di Magelang.

Selain itu, pengunjung bisa menjajal wahana seperti monorail, kursi terbang, kolam renang, dan sebagainya. Borobudur Land juga dilengkapi dengan beragam spot foto Instagramable.

3. Hutan Pinus Limpakuwus, Banyumas

Wisata Hutan Pinus Limpakuwus berlokasi di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (2/11/2023), obyek wisata ini dilengkapi dengan sembilan wahana, salah satunya yakni perosotan pelangi.

Uniknya, wisatawan bisa meluncur di tengah hutan pinus yang asri. Berada di kaki Gunung Slamet, Hutan Pinus Limpakuwus menawarkan udara sejuk.

Obyek wisata ini buka setiap hari, dari pukul 07.30 WIB hingga 16.30 WIB. Harga tiket masuk Hutan Pinus Limpakuwus dibanderol Rp 17.500 per orang.

 

4. Golden Park Guci, Tegal

Golden Park merupakan destinasi wisata yang menawarkan beragam wahana dengan latar belakang pemandangan alam di kawasan Guci, Tegal.

Berdasarkan informasi dari Tribun Jateng, sejumlah wahana di Golden Park antara lain, perosoran pelangi, Golden Phinisi, flying fox, Camp Family, ayunan, kursi putar, area bermain anak, dan kolam renang.

Golden Park Guci menawarkan beragam spot foto dengan latar belakang perbukitan. Tiket masuk Golden Park dibanderol sebesar Rp 25.000 pada weekday dan Rp 30.000 pada weekend dan libur nasional.

5. Havana Hills, Cilacap

Berwisata di Cilacap ternyata tidak melulu di pantai. Wisatawan bisa menjajal keseruan naik wahana persotan pelangi di obyek wisata Havana Hills.

Selain panorama alam Cilacap, Havana Hills namun juga menawarkan berbagai wahana seru, salah satunya adalah perosotan pelangi. Pengunjung yang ingin menjajal perosotan pelangi di Havana Hills, harus membeli tiket terpisah seharga Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per orang.

Sementara, harga tiket masuk Havana Hills yakni Rp 15.000 berlaku weekday dan weekend. Obyek wisata yang buka pada April 2022 ini berlokasi di Jalan Lengkong, Desa Jeruklegi Kulon, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

6. Kembanglangit Park, Batang

Kembanglangit Park merupakan obyek wisata yang berada di tengah hutan pinus. Lokasinya di Desa Kembanglangit, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Berdasarkan informasi dari Tribun Pantura, Kembanglangit Park menawarkan beragam wahana wisata, seperti wahana bermain, spot foto instagramable, kolam renang, dan playground.

Pengunjung juga bisa menjumpai perosotan pelangi dengan ketinggian sepuluh meter dan panjang lintasan 65 meter. Wisatawan bisa meluncur sembari menikmati panorama hutan pinus.

Sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply