7 Aktivitas Wisata Terkini di Solo Safari, Bisa Makan Bareng Singa

Solo Safari merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Kota Solo, Jawa Tengah.

Berada di bawah pengelolaan Taman Safari Indonesia, Solo Safari menyuguhkan pengalaman bertemu dengan satwa-satwa yang biasanya ada di alam liar, seperti zebra, binturong, unta, gajah Sumatera, hingga komodo.

Menariknya, satwa-satwa tersebut tidak dikurung di dalam kandang. Melainkan disediakan area yang sesuai dengan habitat mereka di alam bebas.

Pengunjung di Solo Safari juga bisa lebih dekat dengan satwa karena perjalanan berkeliling dilakukan dengan jalan kaki.

“Beda Solo Safari dengan Taman Safari lain adalah, di sini konsepnya walking safari, sehingga bisa lebih dekat dengan satwa,” kata VP Media, Event, and Digital Taman Safari Indonesia Grup, Alexander Zulkarnain kepada wartawan di Solo Safari, Sabtu (16/12/2023).

Aktivitas di Solo Safari

Jika berkunjung ke Solo Safari, berikut ini Kompas.com rangkum aktivitas yang bisa pengunjung lakukan:

1. Melihat satwa

Daya tarik wisata utama di Solo Safari adalah, pengunjung bisa melihat satwa-satwa liar yang mungkin belum pernah dijumpai sebelumnya.

Karena areanya tidak terlalu luas, pengunjung bisa menjelajah dengan berjalan kaki. Interaksi dengan satwa, seperti foto-foto dan melihat mereka pun bisa dilakukan secara laluasa karena tidak perlu menyesuaikan diri dengan kendaraan.

2. Memberi makan satwa

Satwa di Solo Safari tidak hanya bisa dilihat dan difoto saja. Pengunjung juga bisa memberi makan satwa.

Tentu saja satwa yang bisa diberi makan pengunjung adalah pemakan tumbuhan, seperti zebra, unta, dan gajah. Makanan satwa pun tidak boleh sembarangan karena sudah disediakan petugas.

3. Nonton pertunjukan edukasi satwa

Pihak Solo Safari juga akan menggelar pertunjukan edukasi satwa di panggung terbuka sebelah selatan danau.

Beberapa satwa akan ditampilkan, seperti burung dan orangutan. Adapun pertunjukan ini bukan atraksi satwa, melainkan edukasi yang memberi pengetahuan kepada penonton. Satwa hanya akan diminta melakukan aktivitas yang biasa mereka lakukan di alam.

4. Nonton pertunjukan edukasi gajah

Solo Safari kini juga memiliki koleksi satwa berupa gajah Sumatera. Tak hanya bisa melihat, memotret, dan memberi mereka makan, wisatawan juga bisa menonton pertunjukan edukasi gajah.

Pertunjukan ini akan menyajikan pengetahuan seputar gajah Sumatera, termasuk aktivitas mereka di alam.

Satu-satunya atraksi gajah adalah saat mereka mengalungkan bunga kepada keeper dan pengunjung.

5. Naik zipline

Zipline adalah salah satu wahana baru di Solo Safari yang membentang di atas zona Afrika sepanjang 100 meter dengan ketinggian 5 sampai 10 meter dari tanah.

Wisatawan akan duduk di kursi yang seolah akan melayang di atas satwa Afrika. Tarif zipline adalah Rp 35.000 sekali jalan dan Rp 50.000 pulang-pergi.

6. Makan bareng singa

Solo Safari juga punya koleksi hewan singa. Namun untuk melihat singa, wisatawan hanya bisa melakukannya di Makunde Resto.

Bahkan di area VIP Lounge, wisatawan bisa bersantap di sebelah singa yang dibatasi oleh kaca tebal.

Jika ingin makan bersama singa, wisatawan bisa langsung ke Makunde Resto dan memesan makanan atau minuman.

7. Naik unta

Wisatawan di Solo Safari bisa melihat dan berinteraksi dengan satwa khas Timur Tengah, yakni unta. 

Tak hanya memotret dan memberi makan, wisatawan juga bisa naik unta yang areanya dibuat seperti seolah sedang berada di Timur Tengah.

sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar