7 Bahan Makanan yang Bisa Ditanam Sendiri di Rumah

Menanam bahan makanan bisa menjadi salah satu cara menghemat uang. Selain itu, ketika siap digunakan, bahan makanan juga menjadi lebih segar.

Berikut bahan makanan yang bisa ditanam seperti dikutip Asia One :

1. Daun bawang

Walau disimpan di lemari es, daun bawang termasuk bahan makanan yang mudah layu. Solusi sederhana untuk mendapatkan daun bawang yang segar adalah menanamnya sendiri.

Berita Terbaru:

Tanam daun bawang dengan cara memotong ujung akarnya, sisakan kira-kira 3 cm. Lalu letakkan di dalam mangkuk berisi air.

Setelah tinggi daun bawang mencapai kira-kira 10 cm, pindahkan ke dalam wadah lebih besar. Siram setiap hari dan nikmati panen daun bawang setelah 5-7 hari.

2. Seledri

Seledri adalah salah satu sayuran dengan perawatan paling rendah apabila ditanam. Potong akar bagian bawah dari seledri kira-kira 5-7 cm.

Lalu letakkan tegak di dalam mangkuk berisi air. Tanam kembali di tanah setelah munculnya tunas baru. Ini memakan waktu sekitar 3-5 hari.

Gunakan seledri untuk bahan makanan setelah tingginya mencapai minimal 15 cm. Kurang lebih membutuhkan waktu tiga bulan.

3. Sereh

Untuk menanam sereh, potong bagian atas sereh kira-kira 2-3 cm lalu masukkan ke dalam stoples berisi air. Biarkan selama kurang lebih dua minggu dan ganti air setiap hari.

Setelah akarnya mulai mengeras, pindahkan batangnya ke dalam pot. Gunakan sereh saat batang tumbuh mencapai 30cm.

4. Kemangi

Kemangi membuat makanan menjadi sesuatu yang cerah, beraroma, dan lezat. Tempatkan batang kemangi, sekitar 8-10 cm, dalam segelas air.

Buang sekitar 75 persen daunnya. Setelah akarnya mencapai kira-kira 5 cm, pindahkan kemangi ke pot. Kemangi segar dapat dipanen setelah 3-4 minggu.

Baca juga: 

5. Cabai

Cabai mungkin adalah sayuran termudah untuk ditanam. Cara untuk menanamnya adalah pilih benih cabai berkualitas, tanam di tanah pot, dan letakkan di bawah sinar matahari yang cukup.

Pastikan untuk menjaga tanah tetap lembap, tetapi tidak sampai basah kuyup. Biasanya cabai siap panen 60-120 hari sejak biji ditanam.

6. Selada

Jangan buang pangkal selada, taruh di dalam mangkuk berisi air yang dangkal. Akar biasanya muncul setelah 3-4 hari dan bisa dipanen dalam waktu 10 hingga 12 hari.

sumber: kompas.com

Putri Balige
Author: Putri Balige

Tinggalkan Balasan