7 Tempat Beli Oleh-oleh di Banjarmasin, Harga Murah Meriah!

Rasanya belum lengkap pelesiran ke suatu tempat tanpa membawa pulang buah tangan untuk orang-orang terdekat. Tak ayal, momen ini menjadi agenda wajib dan biasanya menjadi penutup manis di penghujung masa liburan.

Hal yang sama juga tak boleh dilewatkan saat kamu berkunjung ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Selain pesona alamnya yang memanjakan mata, kekayaan kuliner dan kerajinan lokalnya juga tak kalah menggoda.

Karena itu, saat berkunjung ke Kota Seribu Sungai ini, pastikan kamu menyempatkan waktu berburu oleh-oleh khasnya. Tak perlu bingung, beberapa rekomendasi tempat beli oleh-oleh di Banjarmasin ini bisa kamu datangi.

 

1. Toko Andalas

7 Tempat Beli Oleh-oleh di Banjarmasin, Harga Murah Meriah!
Pusat Oleh-oleh Kalimatan Andalas (instagram.com/deny_a3)

Beragam makanan khas Banjarmasin bisa kamu temukan secara lengkap di sini, mulai dari ikan saluang, sapat, dodol kandangan, rabuk ikan haruan, dan amplang. Selain kuliner lezat, toko ini juga menawarkan berbagai cendera mata yang cocok dipajang di rumah.

Harganya sendiri cukup beragam, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan bujet yang ada. Tentunya kualitas yang dihadirkan sepadan dengan kocek yang dibayarkan. Jadi, kamu dijamin takkan menyesal ketika berbelanja.

Lokasi: Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 12, Ps. Lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00—21.00 WITA.

2. Pusat Oleh-oleh Galuh Banjar

7 Tempat Beli Oleh-oleh di Banjarmasin, Harga Murah Meriah!
Pusat Oleh-oleh Galuh Banjar (instagram.com/makananenakbanjar)

Selain Toko Andalas, Toko Galuh Banjar juga termasuk salah satu pusat oleh-oleh terlengkap di Banjarmasin. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai makanan khas Banjarmasin, seperti amplang, dodol kandangan, dan berbagai hidangan lain yang bikin ketagihan. Berbagai macam suvenir dan kain sasirangan juga tersedia di toko ini.

Lokasi: Jalan S. Parman Nomor 5, Belitung Selatan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.30—22.00 WITA.

3. Toko Wadai Banjar

7 Tempat Beli Oleh-oleh di Banjarmasin, Harga Murah Meriah!
Toko Wadai Galuh (instagram.com/kerupukacancilimay)

Tak hanya menawarkan budaya yang kental, Kota Seribu Sungai juga memiliki panganan khas yang menggoyang lidah. Berbagai jenis wadai, atau yang dalam Bahasa Banjar berarti kue, wajib kamu coba saat berkunjung.

Wadai hadir dalam beragam jenis, mulai dari bingka, kararaban, kikicak, bulungan hayam, kelalapon, cingkarok batu, wajik, apam, dan undi-undi. Kue basah ini bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional. Namun, jika kamu ingin mencari pusatnya, Toko Wadai Banjar jadi salah satu yang direkomendasikan.

Lokasi: Jalan A. Yani KM 2, Nomor 83A, Sungai Baru, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00—22.00 WITA.

4. Kampung Sasirangan

7 Tempat Beli Oleh-oleh di Banjarmasin, Harga Murah Meriah!
potret Kampoeng Sasirangan Banjarmasin (instagram.com/banjarmasinbanget)

 

Selain kudapan yang menggugah selera, jangan lupa bawa pulang oleh-oleh khas yang tak bisa kamu temukan di tempat lain. Kain sasirangan yang menjadi kebanggaan Banjarmasin tak boleh dilewatkan. Sasirangan sendiri berasal dari kata “sirang” dan “menyirang” yang dalam bahasa Banjar berarti teknik menjahit dengan tangan.

Nah, Kampung Sasirangan merupakan tempat pembuatan sekaligus pusat kerajinan batik. Kamu bisa menemukan berbagai kain sasirangan dengan berbagai model unik. Selain kain batik, kamu juga akan disuguhkan dengan bermacam pilihan suvenir motif sasirangan yang mengundang untuk dibawa pulang.

Lokasi: Jalan Pahlawan, Seberang Mesjid, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00—21.00 WITA.

 

5. Pusat Oleh-oleh Pie Susu Cap Bekantan

7 Tempat Beli Oleh-oleh di Banjarmasin, Harga Murah Meriah!
potret pie susu cap bekantan (instagram.com/piesusucapbekantan)

Siapa sangka, Banjarmasin juga ternyata punya pie susu khasnya. Hadir sejak 2016, pusat oleh-oleh ini menghadirkan pie susu beraneka varian rasa, mulai dari orisinal, cokelat, Oreo, hingga durian.

Selain lezat, harganya juga cukup terjangkau, lho. Dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp25 ribu, kamu bisa mendapat sekotak pie susu yang nikmat. Tak hanya pie susu, toko ini juga menawarkan kudapan khas lain, seperti bingka dan klemben.

Lokasi: Jalan Saka Permai Nomor 14, Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00—21.00 WITA.

6. Pasar Tungging Banjarmasin

7 Tempat Beli Oleh-oleh di Banjarmasin, Harga Murah Meriah!
potret pasar tradisional di Banjarmasin (instagram.com/banjarmasinbanget)

Ingin merasakan suasana pasar tradisional khas Banjarmasin dan berburu buah tangan dengan harga yang lebih miring? Pasar Tungging tentu tak boleh dilewatkan. Nama tungging sendiri memiliki arti cukup unik, ini dipilih karena pembeli harus menungging saat berbelanja.

Namun, tak perlu khawatir lagi tentang hal ituk, arena Pasar Tungging sekarang telah dipindahkan ke lokasi yang lebih modern, di mana pengunjung tak perlu lagi membungkuk saat berbelanja. Dengan begitu, kamu bisa berbelanja dengan nyaman. Terpenting, saat berkunjung sebaiknya kuasai bahasa Banjar agar kamu bisa menawar dengan leluasa.

Lokasi: Jalan Belitung Darat Nomor 43, Kuin Cerucuk, Kecamatan Banjarmasin Barat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jam operasional: setiap hari pukul 14.00—23.00 WITA.

7. Toko Masboy

7 Tempat Beli Oleh-oleh di Banjarmasin, Harga Murah Meriah!
potret oleh-oleh Masboy (disdag.kalselprov.go.id)

Kalau mencari amplang yang terjamin kelezatannya, Toko Masboy bisa menjadi pilihan yang sempurna. Amplang sendiri merupakan jajanan yang terbuat dari daging ikan tenggiri atau haruan yang segar. Selain lezat, jajanan ini juga kaya akan protein yang baik untuk tubuh.

Lokasi: Jalan Bandarmasih, Komp. Dpr Gang 6 Jalur 4 Nomor 80, Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jam operasional: Senin hingga Jumat pukul 10.00—17.00 WITA.

Beberapa rekomendasi tempat beli oleh-oleh Banjarmasin di atas wajib kamu kunjungi. Pastikan kamu memasukkannya ke dalam travel list, ya. Hati-hati kalap!

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar