8 Tempat Wisata Dekat Bandara Komodo, Ada Pantai hingga Pusat Kuliner

Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan perluasan Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis (21/7/2022) kemarin.

Bandara Komodo di Labuan Bajo, NTT

Bandara Komodo di Labuan Bajo, NTT

Perluasan Bandara Komodo salah satunya bertujuan untuk menunjang konektivitas ke Labuan Bajo, NTT. Dengan demikian, dapat menarik minat wisatawan baik domestik maupun asing datang ke Labuan Bajo.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo,” ujar Jokowi dikutip dari Kompas.com (21/7/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perluasan Bandara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada Kamis (21/7/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perluasan Bandara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada Kamis (21/7/2022).

Banyak destinasi wisata indah yang sudah tersohor di Labuan Bajo. Sebut saja, Taman Nasional (TN) Komodo atau Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca, Pantai Pink, Pulau Kelor, dan sebagainya.

Untuk sampai ke destinasi di atas, wisatawan harus menyeberang menggunakan kapal menuju pulau. Namun, jangan khawatir ada sejumlah tempat wisata dekat Bandara Komodo yang dapat dikunjungi tanpa perlu menyeberang.

Tempat wisata dekat Bandara Komodo

Berikut tempat wisata dekat Bandara Komodo yang dapat dikunjungi wisatawan seperti dihimpun Kompas.com.

1.  Bukit Cinta

Bukit Cinta kerap disebut dengan nama Bukit Sylvia, berdasarkan informasi dari Kompas.com (31/8/2020). Dari puncak bukit, wisatawan dapat melihat keindahan alam Labuan Bajo berupa bikit, pulau, serta hamparan laut luas.

Tak perlu khawatir, sebab Bukit Sylvia mudah didaki. Waktu terbaik untuk menikmati pesona alam dari atas Bukit Sylvia adalah menjelang matahari terbenam. Jaraknya dari Bandara Komodo sekitar 5,8 kilometer, dengan waktu tempuh 14 menit.

Ilustrasi Nusa Tenggara Timur - Bukit Cinta, Labuan Bajo.

Ilustrasi Nusa Tenggara Timur – Bukit Cinta, Labuan Bajo.

2. Puncak Waringin

Spot lain untuk menikmati senja di Labuan Bajo adalah Puncak Waringin. Bahkan, Presiden Jokowi beserta ibu negara pernah mengunjungi lokasi ini, seperti dikutip dari Kompas.com (15/10/2021).

Foto : Puncak Waringin Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Foto : Puncak Waringin Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Daya tarik Puncak Waringin adalah pemandangan sunset berlatar belakang siluet pulau-pulau dan siluet ratusan kapal pinisi. Berada di ketinggian 45-54 mdpl, Puncak Waringin disebut sebagai spot terbaik menikmati senja di Labuan Bajo.

Lokasinya berada di tengah Kota Labuan Bajo, sehingga mudah dijangkau menggunakan kendaraan bermotor. Jaraknya dari Bandara Komodo sekitar 1,9 kilometer, dengan waktu tempuh enam menit.

3. Waterfront Labuan Bajo

Waterfront yang berada di kawasan Pantai Marina merupakan ikon baru Labuan Baju. Mengutip Kompas.com (22/7/2022), waterfront Labuan Bajo ini merupakan ruang publik.

Banyak masyarakat maupun wisatawan duduk santai menikmati senja dari waterfront Labuan Bajo. Panorama sunset dari lokasi ini tidak kalah menarikanya dari tempat lain.

Wisatawan menyaksikan pertunjukan tarian dan pameran UMKM di Waterfront City Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, pada Senin (9/5/2022).

Wisatawan menyaksikan pertunjukan tarian dan pameran UMKM di Waterfront City Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, pada Senin (9/5/2022).

Waterfront Labuan Bajo dibagi menjadi lima zona, meliputi Bukit Pramuka, Kampung Air, dermaga, kawasan Pantai Marina (Inaya Bay), dan Kampung Ujung.

Jaraknya dari Bandara Komodo sekitar 3,8 kilometer, dengan waktu tempuh 13 menit.

4. Goa Batu Cermin

Daya tarik Goa Batu Cermin adalah fosil-fosil hewan laut yang terbentuk secara alami ada di dinding goa. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (31/8/2020), dinding goa tersebut seolah menjadi saksi bahwa dahulu, goa ini berada di dasar laut.

Sementara, nama Goa Batu Cermin berasal dari salah satu sudut di dalam goa yang memiliki lubang pada atapanya. Lubang itu merupakan jalan masuk cahaya matahari ke dalam goa.

Cahaya matahari tersebut kemudian memantul ketika mengenai bebatuan, seperti cermin, sehingga dinamakan Goa Batu Cermin. Jaraknya dari Bandara Komodo sekitar 6,2 kilometer, dengan waktu tempuh 16 menit.

Keindahan Komodo di Pulau Komodo.

Keindahan Komodo di Pulau Komodo.

5. Pantai Wae Rana

Pantai Wae Rana merupakan salah satu pantai yang berada di Labuan Bajo. Wisatawan dapat mengunjungi pantai ini tanpa menyeberang.

Lokasi Pantai Wae Rana masih tersembunyi. Namun, perjalanan wisatawan akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan.

Secara geografis, Pantai Wae Rana berada di sebelah utara Labuan Bajo. Jaraknya dari Bandara Komodo sekitar 3,1 kilometer, dengan waktu tempuh sembilan menit.

6. Pantai Waecicu

Pantai Waecicu merupakan pantai berpasir putih, berdasarkan informasi dari Kompas.com (30/9/2017). Selain itu, pantai ini memiliki ombak yang cenderung tenang sehingga cocok untuk para wisatawan yang ingin bersantai.

Ayana Komodo Resort di Pantai Waecicu, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (15/9/2018).

Ayana Komodo Resort di Pantai Waecicu, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (15/9/2018).

Sejumlah kegiatan dapat dilakukan pengunjung di Pantai Waecicu, mulai dari berenang, naik perahu, menikmati sunset, atau hanya bersantai di pinggir pantai. Pemandangan dari Pantai Waecicu pun tak kalah eksotis dengan pantai lain di Labuan Bajo.

Terdapat sejumlah penginapan di dekat Pantai Waecicu yang dapat disewa oleh wisatawan. Jaraknya dari Bandara Komodo sekitar lima kilometer, dengan waktu tempuh 13 menit.

7. Pantai Pede

Pantai Pede merupakan salah satu pantai yang lokasinya mudah diakses di Labuan Bajo. Tak heran, Pantai Pede menjadi lokasi favorit bagi warga sekitar pada akhir pekan atau hari libur.

Foto dirilis Minggu (4/7/2021), memperlihatkan sejumlah anak bermain di Pantai Pede, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Pandemi Covid-19 yang menghantam sektor pariwisata, membuat pemerintah terus melakukan penataan di kawasan Labuan Bajo dengan harapan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang menurun saat ini.

Sejumlah anak bermain di Pantai Pede, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Pandemi Covid-19 yang menghantam sektor pariwisata, membuat pemerintah terus melakukan penataan di kawasan Labuan Bajo dengan harapan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang menurun saat ini.

Pantai Pede memiliki pasir putih dan air laut jernih yang cukup tenang. Dengan demikian, wisatawan dapat bermain sepuasnya di tepi pantai.

Pemerintah setempat juga kerap mengadakan atraksi di Pantai Pede. Jaraknya dari Bandara Komodo sekitar 2,8 kilometer, dengan waktu tempuh delapan menit.

8. Wisata kuliner Kampung Ujung

Kampung Ujung terkenal sebagai pusat kuliner seafood di Labuan Bajo. Jadi, setelah menikmati keindahan panorama Labuan Bajo, wisatawan bisa menikmati aneka seafood segar di lokasi ini.

Sembari menikmati olahan ikan laut, wisatawan bisa melihat panorama matahari terbenam dari Kampung Ujung. Jaraknya dari Bandara Komodo sekitar 2,7 kilometer, dengan waktu tempuh delapan menit.

sumber: kompas.com

Author: Gabs Art

Tinggalkan komentar