Menu Close

Aneka Warna Beras, Mana yang Lebih Sehat?

Aneka Warna Beras, Mana yang Lebih Sehat?

Ada banyak macam beras, meskipun kita sangat akrab dengan beras putih. Sayangnya, banyak yang menilai beras putih justru yang paling tidak sehat karena kandungan karbohidrat dan gulanya.

Pilihan beras yang dianggap lebih sehat adalah beras merah, beras cokelat, dan beras hitam. Apa saja keunggulan masing-masing?

Beras merah

Seperti dijelaskan Boldskyberas merah merupakan jenis beras utuh dan jauh lebih bergizi daripada yang putih sebab dedak yang menjadi sumber vitamin dan mineral masih dipertahankan. Sementara itu, nutrisi dalam beras putih hilang akibat proses penggilingan. Beras giling ini juga dipoles sebelum menuju pasar. Selain menghilangkan sekam dan dedak, nutrisi penting juga dihilangkan dalam proses ini.

Keunggulan lain, kandungan kalori beras merah lebih sedikit tapi kandungan serat dan antioksidan lebih tinggi. Begitu pula dengan kandungan vitamin dan mineral. Beras merah juga diklaim lebih bersahabat buat penderita diabetes karena tinggi magnesium dan serat yang membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Beras cokelat

Berbeda dengan beras putih, beras cokelat berasal dari beras yang setengah digiling atau hanya diproses dengan menghilangkan sekam tanpa dipoles sampai menjadi putih. Seperti dilansir dari Medical News Today, beras cokelat mengandung serat lebih banyak daripada yang putih. Beras cokelat dianggap sebagai makanan rendah glikemik sehingga dapat mengontrol gula darah. Salah satu manfaat mengonsumsi beras cokelat secara teratur adalah jantung sehat.

Beras hitam

Beras hitam disebut memiliki manfaat gizi yang lebih tinggi dari beras merah. Warna hitam berasal dari pigmen antosianin seperti pada beras merah. Namun, karena intensitasnya yang sangat tinggi, warna butiran beras menjadi ungu kehitaman sehingga kandungan antioksidan dan gizinya juga lebih tinggi. Beras ini juga kaya serat dan vitamin E.

sumber: tempo.co

Putri Balige
Author: Putri Balige

Leave a Reply