Berburu Kuliner Legendaris di Kwitang Jakarta Pusat, Ada Es Krim Baltic sejak 1939

Kawasan Kwitang di Jakarta Pusat merupakan salah satu surga kuliner legendaris dengan deretan makanan enak yang bisa dikunjungi sambil berjalan kaki.

Tak perlu merogoh kocek yang dalam. Sebab, tempat jajan ini cocok dicoba karena harganya yang bersahabat.

Adapun rekomendasi jajanan legendaris yang harus banget kamu singgahi saat berada di Kwitang, di antaranya Maison Weiner sebagai toko bakery tertua di Jakarta dan Es Krim Baltic yang telah ada sejak 1939.

Maison Weiner Cake Shop, toko bakery tertua di Jakarta

Memasuki Maison Weiner, pengunjung seolah dibawa ke masa lalu. Sebab, tak banyak yang berubah dari bangunan yang dulunya adalah rumah orang Belanda ini, termasuk kotak sampah Smurff yang menjadi ikon toko ini.

Berbagai jenis sourdough Maison Weiner Cake Shop

Berbagai jenis sourdough Maison Weiner Cake Shop

 

Toko bakery ini dulunya bernama “Bengkel Koewe Weiner” lantaran menjadi satu-satunya toko kue di Jakarta yang membuat sekaligus menjual langsung kue di tempat pembuatan saat itu juga.

Berdiri sejak 1939, Maison Weiner Cake Shop sekarang dipegang oleh Heru Laksana, generasi ketiga penerus bisnis sang nenek, setelah ayahnya.

 

Sebelumnya, sang nenek yang bernama Nyonya Gem (Lee Liang Mey) berhasil mendirikan Maison Weiner Cake Shop setelah membantu orang Belanda membuat kue.

Tempat sampah Smurff ikonik Maison Weiner Cake Shop

Tempat sampah Smurff ikonik Maison Weiner Cake Shop

 

Singkat cerita, orang Belanda di tempatnya bekerja menyarankan Nyonya Gem untuk membuka sendiri usaha kuenya dan mencicil peralatan membuat kue saat itu.

Menariknya, nama Weiner pada toko ini adalah ide rekan Nyonya Gem yang merupakan orang Belanda. Sementara Maison dalam bahasa Belanda artinya toko.

 

Dengan peralatan yang dicicil tersebut, Nyonya Gem pun akhirnya membuka Maison Weiner Cake Shop di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat ini.

Dahulu Nyonya Gem merintis usahanya dengan kue-kue kering dan saat ini produk yang lebih banyak dijual justru berbagai jenis roti, seperti ontbijtkoek, sourdough, dan wool roll bread.

Cita rasa autentik es krim Baltic sejak 1939

Berdiri sejak 1939, es krim Baltic yang berlokasi di Jalan Kramat Raya Nomor 12, Kwitang, Jakarta Pusat ini menjadi salah satu es krim legendaris tertua di Jakarta.

Es krim legendaris Baltic

Es krim legendaris Baltic

 

Meski terus berinovasi dari masa ke masa, es krim Baltic masih mempertahankan beberapa cita rasa autentik lewat sejumlah rasa, seperti coklat, rum raisin, pepermint, dan durian.

Bangunannya memang tak begitu luas, hanya seukuran 15×25 meter saja. Kendati demikian, ruangan yang didominasi warna merah itu tak pernah sepi pengunjung. Kamu bisa menikmati satu cup kecil es krim seharga Rp 8.500, dengan view pinggir jalan Kota Jakarta.

 

sumber: kompas.com

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply