Berjalan-jalan ke Singkawang, Kota Seribu Kelenteng yang Cocok Dikunjungi saat Imlek

Singkawang adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Barat yang dijuluki Kota Seribu Kelenteng. Ketika memasuki kota ini kamu akan disuguhkan oleh deretan kelenteng yang sangat indah dan menawan.

Singkawang juga disebut sebagai kota amoy karena mayoritas penduduk beretnis Tionghoa. Maka tak heran jika perayaan Imlek atau Tahun Baru China di Singkawang sangat meriah.

Singkawang, Kota Keberagaman Budaya

Singkawang terkenal dengan kota seribu kelenteng dan kota amoi

Kawasan Kota Singkawang/foto: detiktravel/Randy

 

Kota yang terletak kurang lebih 3 jam perjalanan dari dari Pontianak, Kalimantan Barat ini berasal dari kata San Kew Jong (Shan Kou Yang) yang jika diterjemahkan memiliki arti “gunung mulut laut” karena terletak diantara gunung dan laut atau “mulut” laut.

Singkawang menjadi salah satu tempat tinggal etnis Tionghoa terbesar di Indonesia. Selain dari etnis Tionghoa, masyarakat di kota ini juga merupakan keturunan Melayu dan Dayak. Sehingga, keanekaragaman budaya di Singkawang sangat terasa. Mulai dari dari tempat ibadah, kegiatan sosial, kuliner hingga bermacam-macam perayaan hari besar.

Salah satu hari besar yang paling meriah dan menjadi tradisi tiap tahun adalah perayaan Imlek. Tradisi tahunan masyarakat Tionghoa seperti perayaan Imlek Cap Go Meh dan Ceng Beng juga diselenggarakan di kota ini. Selain itu, salah satu pawai, yaitu pawai Tatung, digadang-gadang sebagai pawai terbesar di di dunia.

Pasar Hongkong

 

Salah satu sudut kota Singkawang yang ramai saat perayaan imlek

Kawasan Pusat Kota Singkawang/foto: detiktravel/Randy

 

Jika berkunjung ke Singkawang, salah satu kawasan yang wajib dikunjungi adalah pasar Hongkong. Pasar yang terletak di jalan Yos Sudarso kecamatan Singkawang Barat ini menjual berbagai jenis masakan khas Tionghoa yang menarik seperti chinese food, bakso, martabak, choi pan atau kue yang berisi sayuran seperti bengkuang, sayuran atau Rebung.

Tidak ketinggalan juga bakmie, kwetiau, cap cay hingga makanan rakyat seperti nasi campur Singkawang, tahu dan bubur tahu khas Singkawang. Selain wisata kuliner, layaknya pasar pada umumnya di sini kamu juga bisa membeli bahan makanan. Selain perut kenyang, stok bahan makanan juga aman.

Yang membuat unik, desain dari pasar ini dibuat seperti di Hongkong. Jadi, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Hongkong karena pasar Hongkong Singkawang mirip seperti Hongkong sungguhan! Kamu akan menemukan sebuah gapura yang bertuliskan “Selamat datang di pasar Hongkong” dengan warna merah keemasan yang sangat ikonik. Tidak hanya di gapura pintu masuk saja, sepanjang kawasan pasar Hongkong juga memiliki spot-spot foto yang sangat menarik.

Kota Seribu Kelenteng

Vihara Tri Darma Bumi Raya merupakan cagar budaya sekaligus ikon kota Singkawang

Vihara Tri Darma Bumi Raya merupakan cagar budaya sekaligus ikon kota Singkawang

/foto: singkawangkota.go.id

 

Membahas tentang Singkawang, tidak akan lengkap tanpa membahas klenteng, vihara ataupun tempat ibadah di sana. Dengan mayoritas etnis Tionghoa, tentunya tidak akan sulit menemukan lokasi kelenteng maupun vihara. Di Singkawang, kelenteng dan vihara yang terkenal adalah vihara Tri Dharma Bumi Raya, kelenteng Dewi Kwan Im, kelenteng Thai Cu Shin Ti, kelenteng Thai Jim Thai Jong dan masih banyak lagi.

Tertarik mengunjungi Singkawang?

 

sumber :beautynesia

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply