Cara Beli Tiket Kapal ke Karimunjawa agar Tidak Kehabisan

Ketua Paguyuban Biro Wisata Karimunjawa buka suara terkait video wisatawan yang marah-marah akibat kehabisan tiket kapal ke Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

Dalam video yang diunggah akun Instagram ini, seorang perempuan yang marah-marah itu diduga kehabisan tiket lantaran kalah bersaing dengan calo.

Video itu menunjukkan wisatawan tersebut marah saat mengantre di loket penjualan tiket kapal Siginjai (tujuan Jepara-Karimunjawa) di Pelabuhan Kartini, Jepara, pada Jumat (18/8/2023), seperti dikutip Kompas.com pada 21 Agustus 2023.

Merespons video tersebut, Ketua Paguyuban Biro Wisata Karimunjawa bernama Sudar mengatakan bahwa tidak ada percaloan tiket ke Karimunjawa.

“Mereka yang antre tiket adalah jasa pengantre tiket yang dibayar oleh biro wisata untuk tamu kami yang sudah memesan paket wisata ke Karimunjawa,” jelasnya kepada Kompas.com melalui pesan singkat WhatsApp, Sabtu (26/8/2023).

Ia menambahkan, tiket yang habis itu lantaran ada pengurangan kapasitas kapal feri Siginjai menjadi 202 penumpang.

Cara membeli tiket kapal ke Karimunjawa dan harganya

Berikut cara membeli tiket kapal ke Karimunjawa, berdasarkan keterangan Sudar.

1. Membeli tiket kapal Express Bahari

Dijelaskan Sudar, ada dua pilihan kapal yang bisa diakses pengunjung untuk berwisata ke Karimunjawa, yakni kapal cepat Express Bahari dan kapal Siginjai.

Namun, baru Express Bahari yang membuka layanan pembelian tiket kapal secara online. Sedangkan, tiket kapal Siginjai hanya bisa dibeli di lokasi (on the spot), sesuai nomor antrean.

“Itu pun biro yang dapat pesanan paket wisata sudah mengantre sehari sebelumnya sampai tidur di pelabuhan untuk dapat antrean terdepan karena khawatir kehabisan tiket,” kata Sudar.

Sudar melanjutkan, pembelian tiket oleh juga dibatasi, sehingga mereka tidak bisa seenaknya memborong tiket.

2. Memakai jasa biro wisata

Jika ingin memesan tiket kapal Siginjai, Sudar menyarankan agar calon wisatawan menyewa jasa biro wisata. Dengan demikian, calon wisatawan tidak perlu lagi mengantre tiket di Pelabuhan Kartini, Jepara.

“Agar dapat kepastian tiket, lebih baik memakai jasa biro wisata karena mereka yang akan bertanggung jawab antre di pelabuhan,” lanjut Sudar.

3. Tarif tiket kapal ke Karimunjawa

Tiket kapal Express Bahari terbagi menjadi dua kelas, yakni eksekutif dan VIP. Kelas eksekutif dibanderol mulai dari Rp 200.000, sedangkan kelas VIP sebesar Rp 230.000.

Lalu, untuk kapal Siginjai, harga tiketnya dipatok dari angka Rp 107.000 (kelas ekonomi) dan Rp 127.000 (kelas VIP).

sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar