Daftar Makanan dan Buah Sumber Vitamin B12

 Vitamin B12 termasuk nutrisi penting yang tubuh tidak dapat membuatnya sendiri, sehingga anda perlu untuk mendapatkannya dari pola makan atau dari suplemen. Dalam laman healthline, terdapat sejumlah makanan yang kaya vitamin B12 yang dibutuhkan agar menjaga kesehatan jaringan saraf, fungsi otak, dan sel darah merah, antara lain :

Daging Organ Hewan

Hati dan ginjal yang terutama berasal dari domba menyediakan banyak akan vitamin B12. Satu porsi dengan berat 100 gram hati domba memberikan 3,5% dari nilai harian untuk vitamin B12. Sementara hati domba umumnya lebih tinggi daripada hati sapi yang masih mengandung sekitar 3% per 100 gram.

Kerang

Kerang kecil atau moluska adalah sumber protein tanpa lemak yang menyediakan konsentrasi vitamin B12 yang sangat tinggi. Anda bisa mendapatkannya lebih dari 7% dalam 20 kerang kecil. Menariknya, kaldu kerang rebus juga tinggi vitamin B12.

Ikan

Sebagai sumber asam lemak omega 3, satu porsi ikan sarden yang dikeringkan memberikan manfaat vitamin B12 pada kesehatan tubuh. Lalu, Tuna juga mengandung konsentrasi tinggi vitamin B12 yang juga mengemas protein tanpa lemak, fosfor, selenium, vitamin A, dan B3.

Spesies ikan air tawar ini menawarkan vitamin B12, sehingga ikan trout dianggap sebagai salah satu ikan paling sehat. Salmon juga terkenal akan sumber vitamin B, yang mengandung tinggi vitamin B12.

Produk Susu dan Susu Non Dairy

Susu dan produk susu lainnya, seperti yoghurt dan keju adalah sumber protein dan sejumlah vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12. Di sisi lain, susu kedelai, almond, dan beras juga menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin meningkatkan asupan B12 mereka.

Buah dan Sayuran

Melansir dari diet.idn, jamur kaya akan vitamin B12, terutama jamur shiitake yang berlimpah dalam vitamin ini. Kentang penuh dengan bahan-bahan bergizi, yang juga mengandung vitamin B12. Sedangkan buah-buahannya, pada apel, pisang, blueberry, mangga, dan jeruk.

Buah Kering

DI antara semua buah-buahan kering kaya vitamin B12 adalah almond dan kacang tanah yang sangat sehat bagi tubuh kita. Buah-Buahan kering adalah salah satu sumber vitamin B12 yang baik.

 

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar