Daftar Tempat Wisata Populer Kaliurang Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

 Kaliurang, sebuah kawasan yang terletak di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta, adalah destinasi wisata populer di Indonesia. Nama Kaliurang memiliki asal-usul menarik. Kali dalam bahasa Indonesia berarti sungai, sementara urang adalah dialek Jawa yang berarti manusia. Jadi, secara harfiah, Kaliurang dapat diterjemahkan sebagai sungai manusia atau sungai yang dihuni manusia.

Kaliurang memiliki pemandangan alam memesona, berbagai atraksi menarik dengharga terjangkau, tentu menawarkan pengalaman liburan tak terlupakan. Berikut ini adalah beberapa daftar wisata di Kaliurang yang wajib Anda kunjungi.

1. Taman Kaliurang

Taman Kaliurang merupakan destinasi liburan yang sangat cocok dan terjangkau untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Suasana sejuk dengan banyak pepohonan menghadirkan rasa tenang. Pengunjung juga memiliki kebebasan untuk membawa bekal makanan dan minuman dari luar.

Di Taman Kaliurang, Anda akan menemukan berbagai elemen dekoratif seperti patung-patung raksasa yang menggambarkan cerita tujuh anak, lorong naga yang mengundang petualangan, perosotan dinosaurus yang menghibur, patung gajah yang menarik, dan beragam ayunan. Taman ini adalah tempat wisata yang tepat bagi Anda apabila ingin membawa anak-anak berlibur.

Jika ingin mengunjungi Taman Kaliurang perlu merogoh kocek sebesar Rp 25 ribu untuk orang dewasa dan Rp 15 ribu untuk tiket bagi anak-anak. Taman Kaliurang beroperasi setiap hari, dari jam 08.00 – 17.00 WIB. Taman Kaliurang berada di Jalan Kaliurang KM 21, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

2. Suraloka Zoo

Suraloka Zoo merupakan salah satu wisata edukasi di Kaliurang. Dibuka pada Desember 2021, wisata ini tak pernah sepi pengunjung. Di Suraloka Zoo ternyata memiliki lebih dari 400 satwa lho!. Selain berinteraksi dengan hewan, terdapat berbagai wahana permainan yang dapat Anda coba.

Suraloka Zoo buka setiap hari, mulai dari 09.00 – 17.00 WIB. Biaya tiket masuk ke Suraloka Zoo sebesar Rp 30 ribu per orang, belum termasuk tiket untuk wahana tambahan. Suraloka Zoo beralamat di Jl. Boyong No.97, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

3. Stonehenge Jogja

Tahukah Anda tentang Stonehenge di Inggris? Batu-batu tegak tersusun melingkar ini merupakan salah satu situs paling terkenal di dunia. Tak perlu jauh-jauh ke Inggris, di Yogyakarta ada!

Stonehenge Jogja adalah replika dari situs Stonehenge yang terkenal. Lokasi ini sangat cocok untuk berfoto-foto, terutama untuk sesi prewedding, dengan latar belakang pemandangan memukau, termasuk Gunung Merapi yang terlihat jelas saat cuaca cerah.

Stonehenge Jogja berada di Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Meski akses menuju lokasi belum diaspal, tetapi dapat dicapai dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, atau Anda juga dapat menyewa jip dengan biaya sekitar Rp 400 ribu dari Kaliurang. Di lokasi tersedia fasilitas lain seperti penyewaan otopet/skuter listrik, toilet, dan warung untuk kenyamanan pengunjung.

4. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang adalah sebuah danau buatan. Dulunya merupakan sebuah kolam renang dan menggunakan sumber air alami dari Tlogo Muncar. Sayangnya, kolam renang tersebut saat ini sudah tidak lagi beroperasi.

Tlogo Putri sebagai destinasi wisata air menawarkan berbagai keindahan alam, ada juga pertunjukan seni yang digelar setiap hari Minggu, juga berbagai aktivitas, seperti penyewaan kano dan skuter listrik, flying fox, juga taman bermain.

Terletak dekat dengan Terminal Kaliurang tepatnya Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Selain memiliki area parkir luas, pengunjung juga mudah menemukan warung makan dan tempat membeli oleh-oleh.

Tlogo Putri Kaliurang beroperasi setiap hari, mulai dari pukul 07.00 – 16.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 6.000. Bagi Anda yang membawa kendaraan akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor, Rp10 ribu untuk mobil, dan Rp 20 ribu untuk bus.

5. Desa Wisata Ledok Sambi

Ledok Sambi, sebuah destinasi wisata di sekitar Kaliurang, yang menawarkan pengalaman alam tak tertandingi. Terletak di pedesaan yang menyegarkan, Ledok Sambi adalah tempat menarik untuk dikunjungi dengan berbagai aktivitas yang dapat Anda nikmati.

Keindahan Ledok Sambi terletak pada panorama sawah yang luas, udara sejuk, dan suasana damai yang memberikan kesan mendalam. Di sini, Anda memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan luar ruangan, mempelajari seni dan budaya setempat, serta mengalami kehidupan sehari-hari warga sekitar.

Lokasinya berada di Jalan Kaliurang KM. 19, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin mengunjungi desa ini tidak dikenakan biaya masuk. Anda cukup membayar biaya parkir saja.

6. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah sebuah museum seni dan budaya Jawa yang di diresmikan oleh Gubernur DI Yogyakarta Sri Paduka Paku Alam VIII. Terletak di daerah Kaliurang, tepatnya Jl. Boyong Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, museum ini berlokasi di lereng bukit Turgo dengan Gunung Merapi dan Bukit Plawangan sebagai latar belakangnya.

Museum ini terdiri dari sembilan ruang pameran dan disusun dalam tiga elemen berbeda, yakni di permukaan tanah, dalam tanah, dan di atas air. Bagi Anda yang tertarik mengunjungi museum ini, dapat datang di hari Selasa hingga Minggu pada pukul 08.30 – 15.15 WIB !

Untuk tiket disesuaikan dengan paket tur. Bagi Anda yang ingin mengikuti Tur Adiluhung Mataram dikenakan biaya Rp 50 ribu. Tur ini akan menjelajahi seni dan budaya Jawa. Lalu, terdapat Tur Skriptorium, dengan hargal Rp 60 ribu tur ini cocok untuk Anda yang ingin menjelajahi lini masa sejarah, peradaban, dan budaya bumi Jawa dan Nusantara. Selain itu, terdapat Tur Vorstenlanden seharga Rp 100 ribu dalam tur ini Anda akan dibawa menelusuri sejarah kekuasaan Jawa serta masa keemasan Kesultanan Yogyakarta melalui berbagai lukisan dan ditutup dengan makanan ringan dari Beukenhof Bakkerij.

7. Taman Bunga Matahari Helio Garden

Taman Bunga Matahari Helio Garden berlokasi di sekitar Kaliurang, tepatnya di Jl. Kaliurang KM 21, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Berdekatan dengan Museum Merapi, taman ini menghadirkan pesona bunga matahari.

Tentu saja, tempat wisata sekitar Kaliurang merupakan spot menarik untuk berfoto bersama teman atau mengabadikan momen dengan selfie dan dapat dibagikan di media sosial. Biaya masuknya pun sangat terjangkau, hanya sebesar Rp5.000 saja. Ini merupakan pilihan destinasi liburan yang menarik dan terjangkau untuk Anda nikmati.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar