Desa Wisata Burai Sumatera Selatan, Andalkan Wisata Warna-warni dan Alam

Desa Wisata Burai terletak di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Desa wisata tersebut memiliki daya tarik ekowisata dan wisata warna-warni.

Saat berkunjung ke Desa Wisata Burai, wisatawan dapat melihat pemandangan rumah warga yang berwarna-warni. Tidak hanya itu, dermaga desa wisata tersebut dicat aneka warna agar menjadi tempat selfie yang menarik.

Wisatawan pencinta wisata alam dapat mengikuti beragam aktivitas di desa ini, salah satunya menyusuri sungai dengan naik kapal wisata atau kapal ketek.

Untuk wisatawan yang gemar wisata kuliner, mereka bisa mencicipi berbagai olahan ikan gabus yang hidup di sungai. Olahan ikan gabus tersebut berupa, antara lain kemplang, tekwan, pempek, dan pindang.

Setelah puas menjelajahi desa, tak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang buah tangan. Mereka bisa membeli beragam produk ekonomi kreatif, di antaranya kain songket Burai yang dapat dijadikan pakaian atau tas dan anyaman purun.

Adapun anyaman purun adalah hasil kerajinan tangan ibu-ibu Desa Wisata Burai. Anyaman tersebut berbahan dasar olahan rumput yang bernama purun, lalu dibentuk menjadi pernak-pernik, sandal, dan tas.

Desa Wisata Burai di Sumatera Selatan memiliki beragam produk ekonomi kreatif, di antaranya kain songket dan anyaman purun.

Desa Wisata Burai di Sumatera Selatan memiliki beragam produk ekonomi kreatif, di antaranya kain songket dan anyaman purun.

 

Dalam kunjungannya ke Desa Wisata Burai, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap agar desa wisata ini terus berkembang.

“Desa Wisata Burai saya nyatakan sebagai (bagian dari) 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Mudah-mudahan desa wisata ini terus berkembang dan menjadi saluran membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat,” ujar Sandiaga, Kamis (30/9/2021), melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 202 adalah perlombaan yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Saat ini Sandiaga dan Dewan Juri tengah mengunjungi 50 desa wisata terpilih.

Selain masuk 50 besar ADWI 2021, Desa Wisata Burai juga pernah memenangkan juara II dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 sebagai ekowisata terpopuler.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, mengungkapkan bahwa Desa Wisata Burai merupakan kebangaan Sumatera Selatan.

“Mudah-mudahan desa ini bisa lebih dikenal lagi. Dan tentu pengembangan ini akan menjadi perhatian semua pihak,” ujarnya.

 

sumber: kompas.com

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply