Fitur Lihat Sekali WhatsApp untuk Foto dan Video Diperluas ke Pesan Suara

 WhatsApp meluncurkan fitur Lihat Sekali untuk foto dan video pada Agustus 2021, yang memungkinkan pengguna mengirim gambar dan video yang kemudian menghilang. Kini, WhatsApp telah memperluas fitur tersebut ke pesan suara.

GSM Arena, 9 Desember 2023, melaporkan, fitur Lihat Sekali untuk pesan suara, yang seharusnya disebut Dengar Sekali, berfungsi seperti pada foto dan video. Pesan audio yang Anda kirim ke penerima tidak dapat didengar lagi oleh penerima setelah dibuka atau disimpan di ponselnya. Pengirim juga tidak bisa mendengarkannya setelah dikirim.

Pesan audio Lihat Sekali juga akan menampilkan label bertuliskan “Dibuka” setelah pesan dibuka, asalkan penerima telah mengaktifkan tanda terima telah dibaca.

Bagaimana cara mengirim pesan suara Lihat Sekali di WhatsApp?

  • Buka obrolan individu atau grup.
  • Ketuk mikrofon.
  • Geser ke atas untuk mengunci rekaman.
  • Ketuk dan tahan rekam.
  • Ketuk ikon lihat sekali (bila berubah menjadi hijau, Anda berada dalam mode lihat sekali).
  • Ketuk tombol kirim.

WhatsApp mengatakan bahwa untuk konsistensi dengan foto dan video Lihat Sekali, pesan suara Lihat Sekali juga ditandai dengan ikon “satu kali”. Mereka juga dienkripsi ujung ke ujung secara default.

Pesan suara Lihat Sekali akan mulai diluncurkan secara global dalam beberapa hari mendatang.

Sebelumnya, WhatsApp meluncurkan fitur menghilang untuk foto dan video. Pengguna dapat mengirim foto dan video ‘Lihat Sekali’ melalui aplikasi perpesanan itu, dan penerima hanya akan melihatnya sekali.

Cara kerjanya sangat mirip dengan di Instagram. Penerima perlu mengetuk tombol “Foto” atau “Video” untuk melihat gambar atau video. Setelah ditutup, video atau gambar tidak dapat diakses lagi.

Sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar