Hukum Setempat

Ketika mengunjungi negara lain, sudah pasti Sobat Pesona harus memperhatikan dengan seksama apa saja undang-undang atau hukum setempat yang berlaku, tidak terkecuali di Indonesia. Sebagai negara yang memiliki keberagaman budaya, hukum, dan adat istiadat, pengunjung atau turis harus mengikuti hal-hal seperti ini supaya terhindar dari masalah atau kesalahpahaman yang mungkin terjadi.
 

OBAT

Apa hukuman atas kepemilikan dan peredaran narkoba di Indonesia? 

Seperti di banyak negara, Indonesia memiliki Hukuman Mati atas Kepemilikan dan Perdagangan Obat-obatan Terlarang. Kepemilikan narkotika dihukum dalam jangka waktu 4 hingga 12 tahun penjara, terdapat pula denda senilai Rp800 juta hingga Rp8 miliar (USD89.600 hingga USD896.000). Jika obat melebihi 1 kilogram (untuk obat seperti ganja) atau 5 gram (untuk obat olahan seperti heroin atau kokain), dapat dikenakan hukuman maksimal penjara seumur hidup. Untuk perdagangan manusia dapat dihukum mulai dari 5 hingga 15 tahun penjara, serta denda Rp1 miliar hingga Rp10 miliar (USD112.000 hingga USD1,2 juta). 

ROKOK 

Apakah diperbolehkan merokok di Indonesia?

Merokok di tempat umum seperti Fasilitas Kesehatan, Sarana Pendidikan dan Tempat Ibadah di Indonesia dilarang. Zona bebas rokok juga berlaku di Transportasi Umum, Fasilitas Outdoor atau Indoor khusus anak-anak. Area merokok yang diperbolehkan harus berada di luar gedung perkantoran dan tempat umum lainnya. 

Berapa banyak rokok yang bisa saya bawa ke Indonesia? 

Wisatawan dapat membawa maksimal 200 batang rokok, 50 cerutu atau 100 gram tembakau dan sejumlah parfum yang masih dalam batas normal per orang dewasa. 

ALKOHOL 

Apakah alkohol ilegal di Indonesia?

Sebagai negara dengan mayoritas masyarakat Muslim, konsumsi alkohol dilarang oleh hukum agama dan dianggap melanggar norma. Namun, karena Indonesia adalah negara dengan budaya dan agama yang beragam, saat ini tidak ada larangan alkohol yang diberlakukan di Indonesia kecuali di Aceh. Meminum alkohol juga dilarang di tempat umum seperti Tempat Ibadah, Tempat Kerja, Sekolah, Mal, Supermarket, Minimarket, Ruang Publik Outdoor/Indoor, dan tempat lainnya dimana ada banyak orang atau kerumunan di daerah tersebut. Di Indonesia juga dilarang mengemudi saat berada di bawah pengaruh alkohol. Jangan mengonsumsi alkohol dan menyetir!

Berapa mininum usia legal untuk mengonsumsi alkohol di Indonesia?

Minimum usia legal untuk mengonsumsi alkohol di Indonesia adalah 21 tahun. Mereka yang tertangkap meminum alkohol di bawah usia akan menghadapi hukuman serius atau tuntutan dari pihak berwenang. 

OVERSTAYING

Apa yang terjadi jika anda overstaying di Indonesia?

Hukum Indonesia tentang Imigrasi bagi pelancong yang overstay tidak lebih dari 60 hari. Bagi mereka yang overstay lebih dari waktu yang ditentukan, harus membayar denda harian hingga sebesar Rp1 juta per hari. Bagi turis yang overstay lebih dari 60 hari akan menghadapi resiko deportasi dan kemungkinan masuk ke dalam daftar hitam. 

MENGEMUDI 

Bisakah orang asing berkendara di Indonesia? 

Orang asing dapat mengemudi menggunakan izin mengemudi internasional yang telah dikeluarkan oleh kantor lisensi di Indonesia serta dilengkapi dengan SIM dari negara asalnya. Atau juga bisa, jika orang asing memiliki izin mengemudi internasional yang dikeluarkan oleh negara asalnya sebelum pergi ke Indonesia, tapi izin mengemudi ini harus disahkan oleh kantor lisensi Indonesia di Jakarta setibanya di Indonesia. 

Berapa batas usia berkendara di Indonesia?

Batas usia berkendara di Indonesia adalah 17 tahun, yaitu ketika seseorang mendapatkan SIM Indonesia yang dikeluarkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). 

Berapa batas kecepatan di Indonesia? 

Di Indonesia orang berkendara di sisi kiri jalan dan juga berlaku undang-undang mengemudi standar internasional. Batas kecepatan di Indonesia adalah 50 km/jam di daerah perkotaan dan satu-satunya jalan raya yang ada di Indonesia berada di Jawa. 

Perjudian

Apakah perjudian legal di Indonesia?

Perjudian dilarang di Indonesia dan ini dianggap sepenuhnya ilegal baik bagi penduduk lokal ataupun orang asing. Tidak ada kasino di Indonesia, dan siapa saja yang melakukan perjudian dapat diberi hukuman berat oleh pihak berwenang dan dijebloskan ke penjara.

Apa saja panggilan darurat yang ada di Indonesia?

Indonesia memiliki sistem yang berbeda untuk telepon rumah dan ponsel: telepon rumah menggunakan kode area, sementara ponsel tidak. Untuk kode area darat, digit “0” ditambahkan di depan ketika memanggil jarak jauh domestik dari dalam Indonesia, tetapi tidak perlu ditambahkan ketika menelepon dari luar negeri. Berikut adalah beberapa nomor / hotline penting untuk Bantuan Polisi jika Anda membutuhkan bantuan tentang masalah:

Nomor Darurat

  • Polisi/Keadaan Darurat Umum: 110 atau 112(Dari Satelit dan Ponsel)
  • Ambulans dan Keadaan Darurat Medis: 118 atau 119
  • Pemadam kebakaran: 113
  • Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS): 115
  • Bantuan Bencana Alam: 129

Nomor yang dapat digunakan:

Informasi Nomor Telepon Internasional: 102

Informasi Nomor Telepon Lokal: 108

Operator Panggilan Domestik: 100 dan 106

Operator Panggilan Internasional: 101 dan 107
 

Informasi Pariwisata:

Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata: +62 21 3838899

Catatan penting bagi orang asing yang berkunjung ke Indonesia, pastikan untuk membawa paspor Anda setiap saat sebagai bentuk identifikasi dan antisipasi. Kemungkinan Anda tidak akan membutuhkannya, tetapi selalu ada kesempatan bahwa Anda mungkin diharuskan untuk melakukannya.

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar