Ingin Liburan Sendirian? Simak 8 Tips Traveling yang Aman

Bagi pelancong yang ingin melakukan perjalanan sendiri, maka bisa mencoba tips traveling agar bisa memiliki pengalaman baru.

Penting bagi pelancong untuk memperhatikan persiapan perjalanan ini. Persiapan menjadi kunci agar sukses dalam perjalanan dan mampu menghadapi tantangan.

Simak 8 tips traveling sendiri:

1. Melakukan riset

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah melakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan sendiri. Seperti riset penginapan, riset wisata yang ingin dikunjungi dan riset lingkungan tempat berlibur Anda.

Ketika traveling sendiri, Anda harus memastikan bahwa penginapan yang dipilih sudah memiliki fasilitas yang lengkap, hal ini dapat membantu Anda mempunyai tempat istirahat yang nyaman dan kebutuhan Anda terlengkapi.

Pastikan juga penginapan yang dipilih memiliki ulasan yang baik, lebih baik memilih penginapan yang sederhana tetapi memiliki ulasan yang bagus dibandingkan penginapan yang mewah tetapi tidak memiliki satupun ulasan.

Melakukan riset tempat wisata, Anda harus mengetahui tentang wisata yang ingin Anda kunjungi selama liburan. Riset mengenai lokasi dari tempat wisata tersebut, agar tidak nyasar saat melakukan perjalanan dan mengetahui wisata yang didatangi dapat ditempuh dengan jenis transportasi seperti apa.

Riset ini juga penting, karena Anda harus mengetahui juga aturan yang ada di tempat wisata, mulai dari jenis pakaian yang boleh dipakai, jenis pembayaran di tempat tersebut dan lain-lainnya.

Riset terakhir yang sangat penting dilakukan yaitu riset lingkungan, mulai dari lingkungan penginapan hingga lingkungan tempat wisata yang ingin dikunjungi. Riset ini harus dilakukan agar terhindar dari segala kejahatan yang dapat terjadi dimana saja.

2. Membawa kotak P3K

Traveller wajib memperhatikan kesehatan diri sendiri. Jangan  lupa membawa kotak P3K yang berisi obat-obatan dan vitamin, dengan menyiapkan dan membawa kotak P3K akan membantu Anda dalam mengatasi masalah kesehatan yang tidak pernah Anda tahu kapan bisa terjadi.

3. Siapkan uang tunai

Tidak semua negara atau wisata lokal yang Anda kunjungi menyediakan sistem cashless atau pembayaran non-tunai. Ada beberapa tempat yang tidak menyediakan sistem cashless, jadi menyiapkan uang tunai sangat penting dilakukan dalam perjalanan liburan Anda.

4. Siapkan dana darurat

Siapkanlah dana darurat yang dibagi menjadi dua, yakni dana darurat tunai dan non-tunai. Penting untuk menyiapkan dana darurat ini, karena ketika Anda melakukan traveling seorang diri maka tidak ada orang yang dapat membantu Anda, maka dana darurat ini berguna jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Berbicara dengan orang lain

Banyak dari mereka yang juga seperti Anda melakukan traveling sendiri. Jadi, jangan ragu untuk berinteraksi dengan orang lain. Berinteraksi dengan orang lain dapat dilakukan untuk menambah relasi Anda, ketika melakukan perjalanan sendiri ini menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengenal orang lebih banyak lagi.

6. Pelajari bahasa

Ketika, Anda melakukan perjalanan ke daerah atau negara yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, penting untuk mempelajari bahasa dasar yang digunakan warga lokal disana, mempelajari bahasa mereka akan mempermudah Anda selama perjalanan.

7. Jaga kerahasian lokasi real-time

Banyak orang yang mendapatkan kejahatan dari orang lain karena membagikan lokasi real-time tempat mereka, maka jangan pernah membagikan lokasi real-time Anda di sosial media saat melakukan perjalanan sendiri, agar terhindar dari kejahatan yang bisa datang dari siapa saja dan dimana saja.

8. Memberi rincian perjalan kepada orang yang dipercaya

Memberikan rincian perjalanan sangat penting dilakukan apabila ingin traveling sendiri, Anda dapat memberikan rincian perjalanan kepada orang yang sangat dipercaya, seperti keluarga atau teman dekat Anda. Hal tersebut harus dilakukan, agar mereka mengetahui posisi Anda ketika mendapatkan keadaan darurat.

Simak hal-hal yang harus diperhatikan saat traveling:

1. Salinan paspor (jika melakukan perjalanan beda negara)

2. Salinan tiket transportasi (pergi dan pulang)

3. Alamat penginapan

4. Wisata yang dikunjungi (sertakan juga hari mengunjunginya)

5. Transportasi yang dipakai selama melakukan perjalanan

sumber: bisnis.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar