Inilah 4 Rekomendasi Kuliner di Jalur Mudik Situbondo

Berada di tengah jalur transportasi darat Jawa-Bali, Kabupaten Situbondo di Jawa Timur memiliki beragam kuliner yang khas dan menarik untuk dicicipi saat berkunjung ke sana.

Dikutip dari buku Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa, berikut beberapa kuliner khas Situbondo:

1. Nasi Sodu

Kuliner khas Situbondo yang wajib dicoba adalah nasi sodu. Makanan ini merupakan sepiring nasi dengan kuah gulai lawuh yang dicampur kacang panjang. Terkadang diberi campuran wortel dan buncis. Intinya nasi sodu, sayurnya adalah kuah santan dengan lauk ikan tongkol

yang dimasak bumbu merah dan tidak lupa cengek alias sambal terasi toge.

2. Sate Olean

Sate Olean adalah salah satu kuliner Indonesia yang tak susah dijumpai, tak terkecuali di Situbondo. Terkenal akan tekstur sate yang empuk dan rasa yang lezat. Rupanya, ada resep khusus yang membuat Sate Olean bertekstur daging yang empuk menggigit.

3. Lele Bakar Si Tubondo

Uniknya, sebagian besar bahan lele Tubondo dibudidayakan secara organik. Lele bakar bisa langsung dinikmati dengan nasi hangat. Tetapi juga tembah nikmat jika dicocolkan dengan sambal.

4. Tajin Palappa

Makanan dari Situbondo yang satu ini juga cukup populer untuk sarapan, bahkan sekitar jam 9 pagi sudah banyak yang kehabisan. Tajin palappa adalah bubur yang diberi bumbu khas yaitu campuran kacang, sayuran dan bumbu lainnya.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar