Jangan Rendam Air Panas, Ini Tips Membersihkan Peralatan Masak dari Kayu

Peralatan masak yang berbahan dari kayu memiliki beberapa keunggulan dari peralatan masak yang menggunakan stainless. Peralatan masak kayu tidak meninggalkan bekas goresan pada wajan aman digunakan karena terbebas dari karat, dan lebih awet karena tahan banting.

Namun, cara membersihkan peralatan masak berbahan kayu perlu memerhatikan beberapa hal. Nah, ternyata untuk membersihkan peralatan masak kayu tidak boleh direndam dengan air panas. Hal tersebut justru berbahaya karena minyak yang keluar dari kayu merupakan minyak beeswax kayu yang bisa menyebabkan makanan tercampur racun.

© Disediakan oleh Kumparan

Untuk itu, Dekor Nata, Home Decor & Wood Furniture memberikan 2 cara membersihkan peralatan masak kayu. Berikut di antaranya:

1. Balur dengan Garam

Kamu bisa baluri peralatan masak kayu yang kotor dengan air dan garam secukupnya. Minyak-minyak dari kotoran kayu akan diserap oleh garam. Tunggu hingga kering, setelah itu, bilas dengan air bersih.

Kamu juga tidak perlu menggunakan sabun ketika membilasnya. Simpan ditempat kering atau tidak lembab agar kayu tidak menimbulkan noda atau bercak hitam.

2. Rendam dengan Air dan Sabun

Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk membersihkan peralatan masak kayu. Rendam peralatan masak dengan air dan sabun cuci piring secukupnya.

Namun, kamu tidak boleh merendamnya terlalu lama, cukup 10 menit saja kemudian bila dengan air bersih. Setelah dibersihkan, harus segera dikeringkan agar kayu tidak berjamur.

Jangan lupa untuk segera membersihkan peralatan masak kayu setelah digunakan agar kayu lebih awet dan bebas dari jamur.

sumber: kumparan

Bang Ferry
Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply