Jangan Salah, Ini Perbedaan Hotel dan Resort yang Jarang Diketahui

Jika dilihat sepintas, hotel dan resort (resor) tampak mirip. Meski begitu, ternyata keduanya memiliki perbedaan mendasar yang jarang diketahui.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita), Budijanto Ardijansyah, mengatakan bahwa pengertian hotel secara umum adalah tempat menginap.

Jadi, resor pun termasuk hotel karena berfungsi sebagai tempat menginap para tamu. Namun, resor memiliki klasifikasi khusus yang membedakannya dengan hotel.

 

“Resor itu sebetulnya juga hotel, karena pengertian hotel itu tempat menginap,” jelasnya kepada Kompas.com, Jumat (04/02/2022).

Berikut sejumlah perbedaan antara hotel dan resor yang patut diketahui sebelum kamu memutuskan menginap di hotel atau resor.

 

Lokasi hotel dan resor

Ilustrasi hotel.

Ilustrasi hotel.

 

Budijanto menjelaskan, hal mendasar yang membedakan hotel dan resor adalah faktor lokasi. Hotel, kata dia, biasanya berada di kawasan perkotaan.

Sedangkan, resor terletak di sebuah kawasan wisata, misalnya pantai, pegunungan, dataran tinggi, dan danau.

“Resor itu biasanya terletak di kawasan yang jauh dari kota. Misalnya, mereka terletak di satu kawasan wisata, jadi mereka disebut resor sebenarnya,” terangnya.

 

Ia mencontohkan hotel-hotel yang berada di kawasan Pantai Pangandaran, Jawa Barat, dapat disebut sebagai resor. Pasalnya, hotel-hotel tersebut berada jauh dari pusat kota, serta terletak di kawasan wisata.

 

Oleh sebab itu, ada juga pengelola yang kerap menyebut usahanya hotel dan resor. Dikutip dari USA Today, ada beberapa kategori untuk hotel dan resor.

Pertama, hotel dan resor keluarga (family hotels and resorts). Biasanya, hotel dan resor keluarga memiliki kamar yang lebih besar, tempat tidur tambahan, dan kolam renang.

Resor keluarga umumnya berafiliasi dengan taman hiburan, seperti Disney dan Universal.

 

Disneyland Resort Paris Hotel, (16/5/2016).

Disneyland Resort Paris Hotel, (16/5/2016).

 

Kedua, beach and vacation resorts. Sesuai namanya, resor ini umumnya berada di kawasan pantai.

Selain itu, tipe beach and vacation resorts menyediakan fasilitas liburan yang lebih lengkap dibandingkan hotel di tengah kota. Misalnya, lapangan golf, fasilitas olahraga air, hiburan, dan restoran di area outdoor.

 

Ketiga, holiday condo resorts. Pada umumnya, resor tipe ini berupa apartemen kondominium yang dimiliki oleh perorangan. Selanjutanya, kondominium tersebut disewakan kepada para tamu.

Masing-masing kondominium memiliki dekorasi berbeda, tetapi pemilik harus memenuhi standar layanan hotel tertentu.

 

Karena berupa resor, maka kondominium tersebut tentunya berada di kawasan wisata, biasanya di pantai. Adapula sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati para tamu, seperti kolam renang, gym, spa, dan restoran.

 

Kamar hotel dan resor

Ilustrasi hotel.

Ilustrasi hotel.

 

Budijanto menuturkan, tidak ada aturan khusus mengenai jumlah kamar di hotel dan resor.

Namun, lanjutnya, kerap ditemui penginapan-penginapan kecil dengan jumlah kamar lebih sedikit dibandingkan hotel di kawasan wisata.

Lantas, apakah penginapan tersebut juga bisa disebut sebagai resor?

 

Budijanto mengatakan, lazimnya resor memiliki jumlah kamar yang banyak, setara dengan jumlah kamar hotel di perkotaan.

Jadi, penginapan dengan jumlah kamar lebih sedikit di kawasan wisata tersebut merupakan losmen, bukan resor.

 

“Memang lebih lazim kalau suatu hotel dikatakatan resor, biasanya mereka memiliki jumlah kamar yang cukup banyak. Kalau misalnya losmen tidak disebut resor karena mereka kecil (jumlah kamar sedikit), biasanya hotel lumayan besar di satu kawasan wisata itu disebut resor,” jelasnya.

 

Fasilitas hotel dan resor

Hotel Toba Beach di dekat Danau Toba, Sumatera Utara (Dok.hoteltobabeach.com)

Hotel Toba Beach di dekat Danau Toba, Sumatera Utara (Dok.hoteltobabeach.com)

 

Baik hotel maupun resor sama-sama memiliki fasilitas layanan dasar, di antaranya tempat tidur, kamar mandi, dan restoran.

Mengutip Kompas.com, Senin (20/12/2021), pada umumnya hotel melayani tamu atau pelanggan yang bepergian untuk waktu yang lebih singkat.

Hotel memiliki fasilitas dasar dan fasilitas tambahan, seperti kolam renang, area olahraga, restoran, dan taman.

Sementara itu, resor berfokus pada penyediaan kemewahan dan kenyamanan bagi para tamu. Fasilitasnya tentu lebih banyak.

 

Hal tersebut karena resor berada di kawasan wisata yang umumnya memiliki lahan lebih luas. Tak hanya itu, resor menawarkan pemandangan alam bagi pengunjung yang biasanya tidak tersedia di hotel di pusat kota.

 

Misalnya, fasilitas taman yang luas, taman bermain, area golf, kolam renang, dan area bersantai dengan panorama alam. Intinya, fasilitas tersebut membuat tamu nyaman menginap dengan durasi lebih lama.

 

Kendati demikian, beberapa hotel juga berfungsi ganda sebagai resor, sehingga disebut hotel dan resor. Kategori ini tentunya memiliki fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan hotel di kawasan kota.

 

sumber: kompas.com

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply