Menu Close

Kapan Waktu Maksimal Kopi Harus Dihabiskan?

Kapan Waktu Maksimal Kopi Harus Dihabiskan?

Saat energi sangat terbatas tetapi tubuh harus tetap terjaga, banyak orang memilih meminum kopi sepanjang hari. Terkadang, kopi yang sudah dingin dan tersisa dalam teko pun juga diminum. padahal, bisa saja minuman itu sudah tidak baik untuk dikonsumsi.

Lantas, apakah tidak aman meminum sisa kopi? Jika Anda baru saja menyesap kopi yang ada di meja dalam beberapa jam bersantai, itu tidak perlu dikhawatirkan.

“Dari sudut pandang mikroba, sisa kopi itu masih relatif aman untuk diminum,” kata ilmuwan makanan sekaligus penulis 150 Food Science Questions Answers, Bryan Quoc Le, seperti dilansir di laman Eat This, ahad (31/1).

Dia mengatakan kopi hitam adalah media yang relatif buruk untuk pertumbuhan mikroba karena tidak ada nutrisi yang tersedia seperti gula atau protein. Namun, kopi dapat mulai menumpuk sejumlah jamur kecil atau jenis jamur lainnya, yang menurut dia dapat mempengaruhi alergi terhadap jamur.

Hindari meminum kopi hitam sisa yang sudah berada di teko selama satu hari atau lebih. Le mengatakan kopi yang dicampur susu, jumlah waktu maksimal dikonsumsi adalah dua jam.

Hal tersebut sesuai dengan pedoman keamanan pangan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS). Alasan mengapa sebagian besar ahli merekomendasikan untuk menghentikan kebiasaan minum kopi sisa adalah karena rasanya.

“Molekul rasa, aromatik, dan minyak dalam kopi rentan terhadap oksidasi, di mana oksigen di udara bereaksi dengan senyawa ini dan membentuk produk tengik yang memengaruhi rasa,” kata Le.

Dia menjelaskan, salah satu aroma utama dalam kopi sangat rentan terhadap oksidasi. Begitu molekul ini teroksidasi, kopi dengan cepat kehilangan aroma dan rasanya.

Saran untuk tidak meminum kopi berumus sehari bukan hanya sebatas karena rasanya.  “Bahkan jika Anda menyimpannya di lemari es, kopi tersebut akan kehilangan rasa dan menjadi basi,” kata barista berlisensi dan pendiri CoffeeGeekLab.com, Yurii Brown.

Kopi yang dimasukkan ke dalam kulkas seharian dapat menyerap bau dari dapur atau makanan di dalam lemari es. “Hasilnya, Anda akan mendapatkan secangkir kopi yang rasanya seperti air terbakar dan berbau seperti bagian dalam lemari es,” kata dia.

Hal lain patut dipertimbangkan tentang sisa kopi adalah beberapa manfaat kesehatan yang tidak akan sekuat jika dibiarkan terpapar udara. “Bahan-bahan seperti antioksidan dapat terdegradasi, padahal itu bisa menunda penuaan dan berbagai penyakit yang sebagian disebabkan oleh stres oksidatif,” kata pendiri & pemilik Coffee-Works, Julien Raby.

Sekarang, Anda tahu membiarkan kopi cukup lama di atas meja bukan cara ideal. Jika Anda berniat meminum kopi sehari atau lebih setelah diseduh, sebaiknya segera keluarkan dari panci dan simpan di freezer.

“Ini akan memungkinkan penghentian pertumbuhan bakteri dan memungkinkan Anda minum es kopi,” kata ahli diet berlisensi di Balance One Supplements, Trista Best.

Batasi kopi yang disimpan di freezer selama tiga atau empat hari saja. “Kalau sudah disimpan di luar dan di bawah suhu ruangan, coba habiskan dalam waktu 12-24 jam. Kalau tidak bisa, buang setelah itu karena sudah tidak bisa diminum lagi,” jelas Raby.

CMO & Coffee Scientist di Coffee Channel, Sean Brennan, menyarankan tidak usah terlalu banyak menyeduh kopi. Seduh kopi secukupnya.

Untuk kopi berkualitas lebih baik, simpan kopi dalam wadah kedap udara, baik itu dalam bentuk biji atau bubuk. Yang harus diperhatikan, kopi bubuk teroksidasi lebih cepat, jadi jangan digiling terlalu banyak sekaligus. “Jika Anda harus menggilingnya, simpan dengan benar,” kata Brennan.

sumber: republika.co.id

Bang Ferry
Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply