Kartu Kredit

Dalam beberapa tahun terakhir, kartu debit dan kredit menjadi metode pembayaran umum yang banyak digunakan di Indonesia. Masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di kota besar, memilih untuk membawa uang tunai lebih sedikit dan menggunakan kartu debit dan kredit untuk alasan yang lebih nyaman dan praktis. Sehingga bagi Sobat Pesona yang ingin berpergian ke Indonesia, tak perlu khawatir untuk menggunakan kartu debit dan kredit demi menunjang kesenangan selama berjalan-jalan.

Apa saja jenis Kartu Debit dan Kredit yang bisa Diterima di Indonesia?

Sebagian besar jaringan kartu kredit internasional dapat diterima di kota-kota besar di Indonesia, khususnya di destinasi wisata seperti Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Medan, Yogyakarta, dll. Kartu kredit seperti JCB (Japan Credit Bureau) bisa diterima di Indonesia karena bekerja sama dengan beberapa bank ternama di Indonesia seperti BNI (Bank Negara Indonesia, CIMB Niaga, Mandiri, dan BRI (Bank Rakyat Indonesia. Selain itu, American Express (Amex) juga dapat diterima di Indonesia namun memiliki kerja sama yang lebih sedikit dengan beberapa bank di Indonesia, saat ini Bank Danamon merupakan salah satu bank lokal yang berafiliasi dengan Amex. Kartu yang paling banyak diterima di semua merchant di Indonesia adalah Visa dan Mastercard. Sebaiknya, pastikan untuk bertanya kepada pegawai toko sebelum menggunakan kartu kredit, sebab ada pula beberapa toko yang tidak menampilkan simbol kartu kartu kredit dan debit yang mereka terima.

Berapa Banyak Uang Tunai yang Bisa Dibawa ke Indonesia?

Meskipun kartu debit dan kredit atau kartu prabayar lain dapat diterima di kota-kota besar, lebih baik Sobat Pesona tetap membawa uang rupiah dalam bentuk tunai. Hal tersebut sangat disarankan terutama ketika berpergian ke kota-kota kecil, sebab mesin ATM di tempat seperti ini akan sulit ditemukan dan toko-toko lokal hanya bisa menerima uang tunai. Jumlah uang tunai yang diperbolehkan masuk ke Indonesia atau membawanya ke luar negeri adalah sebesar Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah) atau mata uang lain yang setara dengan jumlah tersebut. Jika lebih dari jumlah tersebut, maka Sobat Pesona harus mendeklarasikannya kepada Bea Cukai Indonesia.

ATM Mana yang Bisa Digunakan untuk Tarik Tunai?

ATM tersebar luas di seluruh kota-kota besar Indonesia. Kartu dengan jaringan internasional seperti, Cirrus, Maestro, dan Plus, merupakan jenis kartu yang paling lazim diterima dan dapat menarik uang tunai di hampir seluruh ATM bank besar di Indonesia. Logo Cirrus dan Maestro dikaitkan dengan Mastercard, sementara Plus dikaitkan dengan Visa. Namun, sebelum memasukkan kartu, pastikan untuk memeriksa apakah logo Cirrus, Maestro, atau Plus ditampilkan pada mesin ATM atau tidak. Pemegang kartu JCB dapat menarik uang tunai di bank afiliasi Indonesia seperti BNI (Bank Negara Indonesia, CIMB Niaga, Mandiri, BRI (Bank Rakyat Indonesia), dan pastikan juga untuk memeriksa logo JCB atau Cirrus ditampilkan pada mesin ATM atau tidak.

Sementara, untuk pemegang kartu American Express dapat menarik uang tunai dari ATM Bank Danamon di seluruh Indonesia. Meskipun praktis untuk membawa kartu debit atau kredit untuk kesenangan selama perjalanan, disarankan agar sebaiknya tetap membawa uang tunai saat berpergian ke daerah terpencil atau mengunjungi pasar lokal dan tradisional yang hanya menerima pembayaran dengan uang tunai. Dengan begini, Sobat Pesona akan merasakan liburan yang lancar dan menyenangkan di Indonesia. Selamat menikmati waktu berlibur, Sobat Pesona!

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar