Kawasan Heritage Kesawan di Medan akan Jadi The Kitchen of Asia

Kawasan Heritage Kesawan Kota Medan, Sumatera Utara nantinya akan memiliki branding “The Kitchen of Asia”.

Dengan branding itu, Kesawan akan menghadirkan kuliner khas Medan dan Asia sebagai daya Tarik utama.

Rencana itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat berkunjung ke kawasan heritage Kesawan bersama Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, Sabtu (27/3/2021).

Adapun, rencana itu merupakan bagian dari persiapan travel pattern (pola perjalanan) wisatawan dari Destinasi Super Prioritas Danau Toba agar singgah di Kota Medan dan menikmati beragam daya Tarik di sana, salah satunya kuliner.

Baca juga: 

“Kita sedang buat travel pattern bagaimana wisatawan ke Destinasi Super Prioritas Danau Toba bisa singgah di Kota Medan lantaran magnet sejarah dan wisata kuliner,” kata Sandiaga.

Dirinya juga berharap bahwa nantinya penataan The Kitchen of Asia harus diperkuat dengan adaptasi teknologi dan keberagaman produk-produk ekonomi kreatif lainnya.

Sektor kuliner jadi keunggulan Kota Medan

Adapun menurut Bobby Nasution, wisata kuliner bisa menjadi satu kekuatan besar dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Medan.

“Kuliner ini menjadi jawaban dari semua permasalahan di kota Medan. Kita tahu Kota Medan mungkin tidak punya potensi alam yang cukup baik. Untuk itu, harus kita ciptakan dan kolaborasikan dengan para stakeholder,” ujar dia.

Sandiaga Uno saat mengunjungi Kawasan Heritage Kesawan di Kota Medan.
Sandiaga Uno saat mengunjungi Kawasan Heritage Kesawan di Kota Medan.

Bobby melanjutkan bahwa Kawasan Kesawan merupakan salah satu kota tua di Medan yang banyak memiliki cagar budaya dengan arsitektur lawas.

Pembenahan Kesawan akan dipadu dengan branding “The Kitchen of Asia” yang tidak hanya menyajikan kuliner asli Sumatera Utara dan Indonesia, tetapi juga Asia.

Baca juga: 

“Untuk itu, Kesawan harus betul-betul dikembangkan, bukan diubah. Kita kembalikan ke belakang yang artinya kita kembalikan bangunan-bangunan di sini yang memiliki cerita masing-masing, sehingga menambah cita rasa sendiri,” tutur Bobby.

sumber: kompas.com

Author: Putri Balige

Leave a Reply