Kemudahan Mengisi Daya Kendaraan Listrik di Rest Area Tol Trans-Jawa

Kemudahan Mengisi Daya Kendaraan Listrik di Rest Area Tol Trans-Jawa

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengumumkan bahwa sejumlah rest area di tol Trans-Jawa telah menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Dengan adanya SPKLU ini, para pemudik yang menggunakan mobil listrik tidak perlu khawatir karena mereka dapat mengisi daya kendaraan mereka selama perjalanan mudik atau pulang.

Menurut data dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, saat ini terdapat total 842 stasiun pengisian kendaraan listrik di 488 lokasi di seluruh Indonesia. SPKLU ini dikelola oleh PLN, instalasi privat di lokasi publik, dan stasiun pengisian kendaraan umum. “Data mengenai stasiun pengisian kendaraan terus mengalami peningkatan. Selain PLN, beberapa produsen mobil listrik dan badan usaha lainnya juga membangun SPKLU di berbagai lokasi seperti rest area, hotel, pusat perbelanjaan, dan kantor pemerintah,” ungkap Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan M.P. Dwinugroho Nugroho dalam keterangan resminya pada Jumat (21/4/2023).

Penambahan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Tol Trans-Jawa

Untuk ruas tol Trans-Jawa sendiri, saat ini terdapat 21 titik SPKLU yang tersebar di ruas tol dari Merak hingga Probolinggo. Penambahan SPKLU di berbagai titik ini dilakukan untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik selama masa libur Lebaran 2023. Nugroho juga memastikan bahwa pemerintah sedang mendorong penyediaan infrastruktur pendukung kendaraan listrik di jalur mudik agar memudahkan pengguna mobil listrik yang mudik dalam melakukan pengisian daya.

“Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik saat mudik ke kampung halaman, penting untuk memperhatikan kecukupan baterai dan melakukan pengisian daya di titik-titik strategis di jalur mudik,” kata Nugroho.

Daftar Rest Area Tol Trans-Jawa yang Menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

  1. KM 13,5 Pinang Tangerang
  2. KM 10,6 Jagorawi
  3. KM 57 A Cikampek
  4. KM 88 A Cipularang
  5. KM 130 A Cipali
  6. KM 207 A Palikanci
  7. KM 228 A Kanci-Pejagan
  8. KM 379 A Batang
  9. KM 519 A Sragen
  10. KM 626 A Madiun
  11. KM 626 B Madiun
  12. KM 519 B Sragen
  13. KM 389 B Batang
  14. KM 229 B Kanci-Pejagan
  15. KM 207 B Palikanci
  16. KM 130 B Cipali
  17. KM 101 B Cipali
  18. KM 88 B Cipularang
  19. KM 62 B Karawang
  20. KM 21 B Jagorawi
  21. KM 6 Jakarta

Dengan adanya SPKLU di rest area tol Trans-Jawa ini, diharapkan pengguna kendaraan listrik dapat dengan mudah mengisi daya kendaraan mereka selama perjalanan mudik atau pulang. Ini adalah langkah yang positif dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia dan juga memberikan kenyamanan bagi para pemudik yang memilih menggunakan mobil listrik saat mudik.

Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Tinggalkan komentar