Ketinggalan Barang di Kamar Hotel? Ini Prosedur Pengembaliannya

Sudah check out dari hotel dan tidak sengaja meninggalkan barang di kamar bisa terjadi pada siapa saja.

Meski sudah mengecek berulang kali, ada saja kemungkinan barang yang kita bawa ternyata tertinggal, terutama jika check out terburu-buru.

Namun, tak perlu khawatir. Secara umum setiap hotel memiliki prosedur operasi standar (SOP) yang mengaturnya.

Nah, apakah barang tertinggal di hotel bisa diambil?

Catat prosedur berikut:

  • Memberi tahu pihak hotel

Menurut Assistant Public Relations Manager & Loyalty Program Swiss-belboutique Hotel Yogyakarta, Leno, hal pertama yang perlu dilakukan jika barang tertinggal di hotel setelah check out adalah memberi tahu pihak hotel.

Misalnya, menelepon atau bertanya melalui email dan media sosial hotel, terutama jika menyadari barang tertinggal ketika perjalanan sudah cukup jauh.

“Disarankan telpon langsung agar lebih cepat direspon. Kalau kirim pesan ke Instagram, admin mungkin mengerjakan hal lain.”

“Sementara (kalau) by phone pasti langsung difollow-up sama tim,” paparnya kepada Kompas.com, Kamis (20/01/2022).

 

  • Memberi informasi tentang barang yang tertinggal

Ketika menelepon pihak hotel, pastikan tamu menyampaikan informasi rinci tentang barang yang tertinggal.

Sebelumnya, jangan lupa perkenalkan diri dan menyampaikan di kamar nomor berapa kamu bermalam sebelumnya.

 

  • Konfirmasi pengembalian barang

Setelah diperiksa sekitar kurang lebih satu jam, pihak hotel biasanya akan mengonfirmasi jika barang yang ditemukan sesuai dengan deskripsi tamu.

Bila tamu masih dekat dari hotel, barang akan disiapkan untuk bisa diambil di resepsionis.

Namun, jika tamu sudah jauh dan tak bisa kembali, pihak hotel akan menawarkan pengiriman paket dengan biaya ekspedisi yang ditanggung tamu.

 

Bagaimana jika tamu tak sadar barangnya tertinggal?

Ilustrasi resepsionis hotel.

Ilustrasi resepsionis hotel.

 

Leno mengatakan, sesuai SOP, pihak hotel akan tetap mengonfirmasikannya pada tamu melalui nomor yang sebelumnya sudah ditinggalkan tamu untuk hotel.

“Biasanya sebelum dan setelah mereka nginap itu kan ngasih nomor telepon. Jadi setelah housekeeping melaporkan ke front office, kami pasti langsung menghubungi tamu yang baru check out,” jelas Leno.

Hal senada diungkapkan oleh Marketing Communication Hotel NEO Denpasar, Chintya.

Pihak hotel biasanya akan langsung memeriksa kamar setelah tamu check out. Beberapa hotel meminta tamu untuk menunggu beberapa saat ketika check out.

“Sambil proses check out, tamu pasti diminta tunggu 10-15 menit. Nah, kami lakukan double check. SOP kami, housekeeping harus periksa kamarnya, mumpung tamu masih di hotel jadi lebih gampang,” kata Chintya.

Jika tamu hotel belum terlalu lama pergi, resepsionis akan menelepon kontak tamu.

Sebelum barang diambil, biasanya pihak hotel akan meminta tamu mengisi formulir lost and found untuk ditandatangani, serta fotokopi tanda pengenal untuk arsip dan bukti laporan.

“Serta bukti laporan bahwa barang sudah diambil,” lanjut dia.

Untuk tamu yang sudah jauh meninggalkan hotel, sama seperti kebijakan umum, pihak hotel akan menawarkan barang dikirim paket dengan biaya sendiri.

 

 

Berapa lama hotel akan menyimpan barang yang tertinggal?

Setiap hotel pasti memiliki penyimpanan khusus lost and found.

Barang yang tertinggal tapi belum diketahui pemiliknya biasanya akan disimpan selama sekitar tiga bulan hingga satu tahun.

“Kalau tidak ada konfirmasi, kami tanyakan dulu pada tamu. Misalnya mereka bilang ‘iya itu memang ditinggal saja‘, ya sudah. Dalam jangka waktu tiga bulan, kami data,” papar Leno.

Jika memang masih bisa dipakai, biasanya barang akan dilaporkan atau diberikan kepada pihak terkait, misalnya Dinas Sosial untuk kemudian dimanfaatkan.

 

Tak jauh berbeda, Hotel NEO Denpasar juga memiliki aturan periode penyimpanan.

“Barangnya pasti kami simpan di lost and found, karena memang housekeeping punya brankas. SOP kami jangka waktunya kalau barang berharga maksimal satu tahun, minimal tiga bulan,” kata Chintya.

Setelah lewat waktu tersebut, biasanya barang akan diberikan kepada orang yang bersangkutan menemukannya.

 

Jenis barang yang biasanya tertinggal di kamar hotel 

Ilustrasi kamar hotel.

 Ilustrasi kamar hotel.

 

Meski sangat jarang terjadi, bagi beberapa peristiwa tamu hotel yang tak sengaja meninggalkan barang mereka, seringkali berukuran kecil.

Seperti chargerpowerbank, kacamata, pakaian, flashdisk, hingga makanan dan minuman.

“Sebenarnya ada saja, tapi jarang banget. Kalau ketinggalan, biasanya sudah langsung dicek sama housekeeping,” ujar Chintya.

Hal yang senada disampaikan oleh Leno.

“Jarang ya, karena tim housekeeping kita pasti cek lagi saat tamu proses check out. Kalau ada ketinggalan, langsung diinfoin ke front office,” pungkas dia.

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply