Kuliner Bali, Sumut dan Papua Terpilih untuk Pertukaran Budaya Indonesia-Qatar

Kuliner Bali, Sumatera Utara (Sumut), dan Papua terpilih untuk Program Pertukaran Budaya Indonesia-Qatar 2023 yang diselenggarakan oleh Qatar Museum.

Mengutip Antara, dalam pertukaran budaya internasional ini, Qatar Museum bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), serta komunitas Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI) sebagai mitra.

Setiap tahunnya, Qatar Museum memilih negara untuk pertukaran budaya. Tahun ini Indonesia pun terpilih sebagai negara dalam program itu.

Untuk kategori kuliner, maka terpilil-lah kuliner Bali, Sumut, dan Papua yang kali ini bisa mengikuti program tersebut.

Mi Gomak, kuliner khas Sumatera Utara. Foto: Toshiko/kumparan

Mi Gomak, kuliner khas Sumatera Utara. Foto: Toshiko/kumparan© Disediakan oleh Kumparan

Bukan tanpa alasan, sebagai ketua umum ACMI, Santhi Serad mengatakan kepada Antara, bahwa ketiga provinsi ini masing-masing memiliki karakteristik kuliner khas dan unik.

“Kami memilih tiga kuliner yang masuk dalam program pertukaran budaya Indonesia-Qatar, yakni Bali, Sumatera Utara, dan Papua. Alasannya, karena kuliner Bali sudah mendunia, memiliki ciri khas, dan kaya akan rempah-rempah. Sedangkan kuliner di Sumatera Utara merupakan akulturasi antara kuliner Sumatera dengan India; dan kuliner Papua punya ciri khas yakni sagu sebagai makanan pokok,” katanya saat menghadiri acara Ubud Food Festival 2023 di Bali (1/7).

Santhi Serad. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Santhi Serad. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan© Disediakan oleh Kumparan

Kedua juru masak Qatar, yaitu Hasan Abdullah Ali Ibrahim dan Noof Al Marri pun sudah membuktikan sendiri keunikan cita rasa masakan Bali. Keduanya telah menikmati tradisi kuliner khas masyarakat Bali yakni megibung. Dalam sajian megibung mereka juga mencicipi sate lilit dan beberapa jenis lawar, hingga sayur ares.

“Kami sangat senang mencicipi kuliner Bali yang memiliki rasa khas,” kata Hasan Abdullah Ali Ibrahim.

Papeda dan Ikan Kuah Kuning, kuliner Papua. Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Papeda dan Ikan Kuah Kuning, kuliner Papua. Foto: Mela Nurhidayati/kumparan© Disediakan oleh Kumparan

Sebelum puncaknya mencicipi kuliner di Bali, keduanya juga sudah mencoba kuliner Sumatera Utara dan Papua. Barulah terakhir, mereka mencicipi kuliner Bali, sekaligus mempromosikan kuliner Qatar di Ubud Food Festival.

Di Ubud Food Festival yang terselenggara pekan lalu (30 Juni sampai 2 Juli 2023), Qatar Museum juga menggandeng celebrity chef jebolan MasterChef musim kelima, yakni Devina Hermawan untuk menyajikan masakan bihun kari Medan.

Sumber: Kumparan

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply