Lima Destinasi Unggulan Sport Tourism di Indonesia

Sport tourism telah menjadi salah satu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Indonesia. Potensi pertumbuhan sport tourism atau wisata olahraga di Indonesia diperkirakan mencapai Rp18,79 triliun pada tahun 2024. Banyak destinasi wisata yang menggarap potensi ini dengan menggelar berbagai event olahraga seperti lari, otomotif, dan sepeda. Berikut adalah lima destinasi unggulan sport tourism Kemenparekraf:

1. Mandalika

Mandalika menjadi primadona bagi pecinta sport tourism di Indonesia. Terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, kawasan wisata seluas 20.035 hektar ini tidak hanya memiliki sirkuit kelas dunia yang menjadi bagian dari rangkaian MotoGP 2022 dan 2023, tetapi juga dikelilingi oleh pantai, pulau, dan desa-desa wisata yang memesona.

2. Borobudur

Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, sudah terkenal hingga ke mancanegara. Candi yang dibangun pada abad ke-9 ini dikunjungi oleh jutaan wisatawan setiap tahun. Saat ini, Borobudur tidak hanya dikenal dengan peninggalan budayanya, tetapi juga dengan Borobudur Marathon. Borobudur Marathon pertama kali digelar pada tahun 1990 dengan nama Borobudur Run untuk mempromosikan destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah. Borobudur Marathon telah mendunia, dengan partisipasi 96 pelari asing pada tahun lalu, termasuk dari Kenya dan Ethiopia.

3. Danau Toba

Danau Toba, yang terletak di Sumatra Utara, juga merupakan salah satu destinasi unggulan sport tourism di Indonesia. Danau terbesar di Tanah Air ini menjadi tuan rumah Aquabike Jetski World Championship 2023 pada bulan November, yang diikuti oleh 128 pembalap dari 22 negara. Sebelumnya, pada bulan Februari 2023, Danau Toba juga menjadi tuan rumah F1H20 Powerboat 2023.

4. Labuan Bajo

Selain Taman Nasional Komodo dan pantai-pantainya yang memesona, Labuan Bajo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, juga menjadi tujuan wisata sport tourism. Destinasi ini menjadi tempat diselenggarakannya Labuan Bajo Marathon yang pertama kali digelar pada tahun 2022. Selain marathon, Labuan Bajo juga sedang disiapkan untuk menjadi tuan rumah kejuaraan aquabike.

5. Likupang

Likupang, yang terletak di Sulawesi Utara, juga menjadi destinasi sport tourism yang menjadi incaran wisatawan. Dengan pantai-pantainya yang indah, kawasan ini dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan beberapa lomba lari, termasuk Likupang Santa Run. Likupang juga direncanakan akan menjadi lokasi penyelenggaraan World Beach Games.

Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan sport tourism. Dengan memanfaatkan destinasi wisata yang memadukan keindahan alam dan event olahraga, Indonesia dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Diharapkan, dengan terus menggelar event-event olahraga di destinasi-destinasi unggulan, sport tourism di Indonesia akan semakin berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian negara.

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar