Lima Destinasi Wisata Gua Alam di Pulau Flores

Pulau Flores, yang juga dikenal sebagai Nusa Bunga, memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik, seperti alam bawah laut, pantai, danau, gunung, dan gua alam. Terdapat beberapa gua alam yang terbentuk secara alami di Pulau Flores, terutama di daerah Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur. Bagi para petualang yang ingin menjelajahi gua alam di Pulau Flores, terdapat beberapa gua yang menarik untuk dikunjungi, seperti Goa Batu Cermin, Goa Rangko, Liang Bua, Liang Woja, dan Goa Werwitu. Namun, perlu diperhatikan cuaca yang baik saat berkunjung dan disarankan untuk mengunjungi saat musim kemarau atau kering untuk keamanan. Berikut adalah lima tempat wisata gua alam yang dapat dikunjungi di Pulau Flores.

1. Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin terletak di Labuan Bajo. Gua ini memiliki dinding batu stalaktit yang memberikan pengalaman petualangan yang menarik. Tempat ini pernah dikunjungi oleh Presiden RI Joko Widodo bersama keluarganya pada April 2023. Goa Batu Cermin masih alami dengan suasananya yang sejuk saat menyusuri gua. Biasanya, pemandu wisata akan menyediakan penerangan dan helm untuk pengunjung saat menjelajahi gua ini.

2. Goa Rangko

Goa Rangko juga terletak di Labuan Bajo, sekitar 17 kilometer dari pusat kota. Untuk mencapai gua ini, pengunjung harus menggunakan kendaraan bermotor dari Labuan Bajo menuju Kampung Rangko. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan jasa motor laut dengan harga sekitar Rp 350 ribu. Perjalanan melintasi laut yang biru dan menikmati pemandangan perbukitan Pulau Flores akan membawa pengunjung ke Goa Rangko.

3. Liang Bua

Liang Bua adalah salah satu situs gua yang terletak di daerah perbukitan karts di Kabupaten Manggarai, Flores NTT. Gua ini berada di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut dan sekitar 15 kilometer di sebelah utara Kota Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai. Liang Bua merupakan salah satu tempat wisata andalan di Kabupaten Manggarai.

4. Liang Woja

Liang Woja adalah gua alam yang terletak di Desa Golo, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai. Gua ini berada di dekat area persawahan dan perkebunan warga setempat. Liang Woja memiliki dua pintu masuk, namun pintu masuk untuk pengunjung hanya dapat digunakan di sisi barat. Di dalam gua, pengunjung dapat mendengar suara aliran air di dasar gua.

5. Goa Werwitu

Goa Werwitu terletak di Kabupaten Manggarai Timur dan terkenal dengan agrowisata Kopi Colol, Golo Loni, Danau Rana Mese, dan beberapa tempat lainnya. Goa Werwitu adalah gua alam karst yang unik dan memberikan nuansa petualangan saat menjelajahinya. Terdapat dua pintu masuk ke gua ini, yang satu relatif curam dan memiliki aliran sungai. Pengunjung juga dapat melihat burung-burung kelelawar yang bertengger di dinding gua. Goa ini masih jarang dikunjungi, sehingga sangat menarik untuk dieksplorasi.

Jika Anda mencari petualangan di Pulau Flores, kunjungan ke gua-gua alam ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk memperhatikan cuaca yang baik dan mengikuti petunjuk dari pemandu wisata agar perjalanan Anda aman dan menyenangkan. Selamat menjelajahi keindahan gua alam Pulau Flores!

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar