Listrik & Colokan

Panduan untuk Listik dan Colokan di Indonesia

Mengisi daya ponsel, laptop, dan gadget lain yang dibutuhkan selama travelling sangatlah penting. Untuk perjalanan travelling ke Indonesia, Sobat Pesona harus mengetahui bahwa instalasi listrik dan colokan di Indonesia mungkin berbeda dari negara Sobat Pesona berasal. Jadi, apa saja yang harus dibutuhkan di Indonesia? Sebuah adaptor? Atau konverter tegangan? Mungkin keduanya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, Sobat Pesona!

Bagaimana listrik dan tegangan standar di Indonesia?

Tegangan standar di seluruh Indonesia umumnya adalah 230 V dengan frekuensi standar 50 Hz. Jika Sobat Pesona berasal dari Inggris, Eropa, Australia, dan negara bagian Asia atau Afrika, sebagian besar gadget seperti ponsel atau laptop, bisa diisi dayanya secara normal. Namun, jika Sobat Pesona berasal dari negara seperti Kanada, Amerika Serikat, atau negara bagian Amerika Selatan, maka besar tegangannya akan berbeda di Indonesia.

Pengisian daya gadget yang memiliki perbedaan dengan tegangan Indonesia, tetap bisa dilakukan namun dapat menimbulkan beberapa resiko. Jadi, Sobat Pesona sebaiknya membeli konverter tegangan demi keamanan gadget yang dimiliki. Konverter tegangan ini tersedia di Amazon dan juga toko-toko listrik di Indonesia.

Bagaimana jika colokan listrik di Indonesia berbeda dengan negara saya?

Sebagian besar colokan listrik di Indonesia adalah tipe C dan F, colokan ini memiliki 2 pin soket dengan desain yang sama seperti standar colokan di Eropa. Jika Sobat Pesona datang dari negara yang tidak menggunakan tipe colokan seperti ini, Sobat Pesona harus membeli adaptor. Selain banyak dijual di Amazon, Sobat Pesona juga bisa membeli adaptor di minimarket lokal di Indonesia.

Dimana saya bisa mengisi daya gadget saya di Indonesia?

Sobat Pesona bisa menemukan soket di hampir seluruh restoran di Indonesia, terutama di tempat wisata. Semua hotel dan bandara juga memiliki colokan dan soket yang bisa digunakan secara gratis. Selain itu, transportasi umum seperti shuttle dan kereta juga dilengkapi fasilitas colokan di semua kelas(ekonomi atau bisnis), Sobat Pesona bisa menyambung kabel USB untuk mengisi daya ponsel.

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar