Main-mainlah ke Bukit Holbung Samosir Lokasi Film Ngeri-ngeri Sedap

Bukit Holbung merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Sumatera Utara. Bukit ini berada di sekitar danau Toba, tepatnya terletak di Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Selain itu, Bukit Holbung juga merupakan desa yang usianya telah mencapai 200 tahun. Di Bukit ini, Anda dapat menikmati panorama alam dari ketinggian, melihat potensi alam serta kehidupan masyarakat setempat.

Wisatawan yang berkunjung ke Bukit Holbung ini bukan hanya datang dari warga Samosir, tapi juga beberapa wisatawan asing dari Malaysia, Taiwan, Hongkong, Singapura, Vietnam, Filipina dan negara lainnya.

Apabila Anda ingin menuju Bukit Holbung, Anda bisa mengunjungi desa terlebih dahulu. Ada sekitar 500 orang yang tinggal di sana.

Mengutip dari laman resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, tetribusi yang dikenakan kepada pengunjung yang ingin ke Bukit Holbung sebesar Rp 5.000 per orang dan parkir sepeda motor Rp 5.000, mobil Rp 10.000.

Keistimewaan Bukit Holbung

Untuk mencapai puncak Bukit Holbung, Anda bisa melakukan trekking selama 10 hingga 15 menit. Namun Anda tidak perlu khawatir, karna ada jalan setapak yang memudahkan Anda menuju puncak. Selama diperjalanan Anda juga bisa melihat banyak gulma bukit di sepanjang jalan.

Bukit Holbung juga disebut sebagai Bukit Teletubbies. Hal ini dikarenakan ukuran dan kecantikannya yang sama. Lokasi ini menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan yang memanjakan mata dan suasana yang menyegarkan.

Dari atas Bukit Holbung, Anda dapat melihat panorama alam seperti Pusuk Buhit dan Danau Toba. Selain itu, Bukit Holbung juga merupakan spot terbaik untuk melihat sunset atau matahari terbenam. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Rute Menuju Bukit Holbung

Melansir dari Phinemo.com, sebelum berangkat mengunjungi Bukit Holbung, Anda harus mempersiapkan sebaik mungkin. Terutama sediakan bekal dan segala perlengkapan yang dibutuhkan, agar nantinya aktivitas liburan Anda di sana bisa maksimal dan menyenangkan.

Bagi wisatawan yang ingin menuju Bukit Holbung harus melalui beberapa anak tangga, kemudian melawati jalan setapak naik turun untuk mendaki perbukitan.

Rute lokasi film Ngeri-ngeri Sedap ini bisa ditempuh dari Medan langsung saja menuju ke Tele. Anda bisa melewati Keban Jahe. Adapun rute lainnya yaitu dari Samosir, Prapat, dan Siantar. Jika Anda menggunakan rute ini, Anda harus lewat Pelabuhan Tiga Raja untuk menggapai Tomok di pulau Samosir.

sumber: tempo.co

Author: Ferry Nababan

Leave a Reply