Mata Uang

Apa mata uang di Indonesia?

Rupiah merupakan mata uang resmi Indonesia yang diterbitkan dan dikendalikan oleh Bank Indonesia. Kode mata uang Rupiah adalah IDR dengan simbol Rp. Secara hukum, semua transaksi wajib dilakukan menggunakan Rupiah dan berita terbaru seputar nilai tukar harian dapat ditemukan di koran, internet atau aplikasi online. Penggunaan kartu kredit diterima secara luas di hotel, restoran dan toko besar di Indonesia. 

Pecahan uang kertas di Indonesia terdiri dari Rp1000, Rp2000, Rp5000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100 ribu. Sedangkan, untuk mata uang koin yang beredar antara lain Rp1000, Rp500, Rp200, Rp100, dan Rp50.

Dimana saya dapat menukar dan membeli mata uang?

Sobat Pesona bisa menukarkan mata uang asing di sepanjang Bank di kota besar Indonesia dan tempat penukaran uang, sebagian besar resor wisatawan juga menyediakan fasilitas penukaran uang. Namun jika Sobat Pesona hendak berpergian ke tempat terpencil, disarankan untuk menukar uang sebelumnya. Jika Sobat Pesona membutuhkan jumlah mata uang asing yang banyak dan tidak memiliki rekening bank mata uang asing, sebaiknya Sobat Pesona melakukan pemesanan sejak sehari sebelumnya, sebab Bank lokal tidak menyimpan banyak mata uang asing di kantor cabang yang kecil.

Apakah ATM mudah diakses?

Seluruh kota besar dan destinasi wisata di Indonesia sudah dilengkapi dengan ATM di jaringan internasional, seperti Internasional Plus/Cirrus atau Alto. Batasan penarikan ditentukan sesuai dengan peraturan bank negara masing-masing. Mesin ATM memiliki dua pecahan mata uang, yang terdiri dari Rp50.000 ribu dan Rp100.000 ribu. Namun perlu diketahui, pecahan mata uang besar akan sulit ditemukan, terutama di daerah seperti pedesaan. Solusi terbaik untuk mengatasinya ialah menarik sejumlah uang dari ATM di kota-kota besar sebelum berpergian ke daerah terpencil. 

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar