Mau Pangkas Lemak, Lima Asupan Sehat Berikut Bisa Membantu

Selain berolahraga secara rutin, makanan juga bisa berpengaruh pada pemangkasan lemak tubuh Anda.

Dalam hal ini, apa yang Anda konsumsi memang menjadi hal yang paling berpengaruh pada pemangkasan lemak tubuh sekaligus menyehatkan usus.

Melansir dari Eat This, ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memangkas lemak dalam tubuh antara lain:

1. Teh Hijau Panas

Minum 4 hingga 5 cangkir teh hijau sehari tidak hanya menghangatkan tubuh, namun juga melancarkan metabolisme. “Ini (teh hijau) bahkan bisa membakar lebih banyak kalori dan lemak, termasuk lemak perut,” tulis  ahli nutrisi Lyssie Lakatos, RDN, CDN, CFT dan Tammy Lakatos Shames, RDN, CDN, CFT, dalam The Nutrition Twins ‘Veggie Cure.

Teh hijau mengandung polifenolnya yang disebut epigallocatechin-3-gallate atau EGCG yang mengandung asam amino theanine. Kandungan ini memicu kewaspadaan mental dan ketenangan yang membantu Anda membuat keputusan rasional, sehingga Anda dapat menolak makanan berlemak dan kalori yang biasanya Anda makan karena stres.

2. Kubis Brussel Panggang

Perpaduan sempurna antara renyah lezat, sayuran silangan ini adalah salah satu makanan super sehat. “Panggang dengan rempah-rempah dan tambahkan taburan ragi nutrisi,” saran Julieanna Hever, MS, RD, CPT, ahli diet nabati dan penulis The Vegiterranean Diet dan The Complete Idiot’s Guide to Plant-Based Nutrition.

“Kubis brussel adalah makanan penurun berat badan yang sangat baik karena sarat dengan serat dan detoksifikasi glukosinolat,” imbuhnya.

3.Kiwi

Buah kiwi mungkin kecil tapi mengandung banyak aktinidin, enzim alami yang unik untuk membantu pencernaan dengan memecah protein dalam tubuh.

“Buah Kiwi juga mengandung serat prebiotik yang menjadi primadona usus untuk pencernaan yang sehat,” kata Rebecca Scritchfield, RDN, penulis Body Kindness.

Penelitian menunjukkan bahwa satu porsi buah kiwi hijau setiap hari membantu meningkatkan pergerakan usus.

Ilustrasi kiwi. (Shutterstock)
Ilustrasi kiwi. (Shutterstock)

4. Beras merah

Nasi adalah satu-satunya makanan bertepung yang tidak menyebabkan gas di perut. Untuk menjaga kesehatan, konsumsi porsi sebesar kepalan tangan saat mengonsumsi nasi setiap hari.

5. Apel

Makanan penurunan berat badan yang sempurna dari alam adalah apel. “Penelitian menunjukkan bahwa menikmati apel sebelum makan menurunkan total asupan kalori makanan,” ujar Scritchfield.

sumber: suara.com

Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply