Melihat Keindahan Pulau Tawale di Halmahera Selatan yang Disebut Raja Ampat Baru

Raja Ampat di Papua Barat sudah tersohor dengan gugusan pulaunya yang indah. Ternyata, pemandangan yang serupa Raja Ampat bisa juga ditemukan di Pulau Tawale Halmahera Selatan, Maluku Utara. Bahkan gugusan pulau itu dijuluki Raja Ampat baru.

Pulau Tawale adalah surga tersembunyi di Halmahera Selatan. Pulau yang ada di Kecamatan Kasiruta Timur itu menyuguhkan pemandangan laut yang memukau, yaitu perpaduan antara birunya lautan dengan hijaunya gugusan pulau dan gunung.

Melihat Keindahan Pulau Tawale di Halmahera Selatan yang Disebut Raja Ampat Baru

Melihat Keindahan Pulau Tawale di Halmahera Selatan yang Disebut Raja Ampat Baru© Disediakan oleh Tempo.co

Pulau Tawale di Halmahera Selatan. Dok. Kemenparekraf

 

 

Tak sekadar itu, tempat itu juga menjadi spot diving favorit para penyelam karena kekayaan biota lautnya. Koleksi beragam jenis terumbu karangnya menambah kecantikan alam bawah lautnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang sempat mengunjungi pulau itu pun mengungkapkan kekagumannya. Ia mencoba berenang dan mengayuh perahu kayak di sekitar gugusan Pulau Tawale.

“Ini adalah pengalaman yang tidak terlupakan. (Gugusan Pulau Tawale) luar biasa indahnya, itu betul-betul ‘gate of heaven’. Apalagi, Halmahera Selatan ini merupakan salah satu spot diving terbaik di dunia,” kata Sandiaga, Senin, 28 November 2022.

Sandiaga mengatakan Halmahera Selatan tidak hanya memiliki gugusan Pulau Tawale sebagai destinasi wisata bawah lautnya. Masih banyak lagi destinasi wisata bawah laut di Halmahera Selatan yang bisa dieksplorasi dan dikembangkan sehingga bisa membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja di Maluku Utara, khususnya di Halmahera Selatan.

“Saya melihat selain ekonomi berbasis sumber daya alam yang menjadi tulang punggung sekarang, kita juga harus kembangkan ekonomi berbasis pariwisata dan ekonomi kreatif. Agar pergerakan ekonomi di Halmahera Selatan semakin meningkat dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” kata Sandiaga.

Untuk menuju Pulau Tawale, wisatawan bisa menaiki kapal cepat dari Pulau Bacan. Pulau Bacan sendiri bisa ditempuh lewat laut dari Ternate, ibu kota Maluku Utara. Jarak yang perlu ditempuh memang cukup jauh, tapi sebanding dengan keindahan yang ditawarkan.

sumber: tempo.co

Author: Gabs Art

Leave a Reply