Mengenal Songket Palembang, Dari Sejarah Hingga Ragam Jenisnya

 Sebagai Kota tertua di Indonesia, Palembang, Sumatera Selatan, memiliki beragam warisan budaya, salah satunya songket.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), bahkan menetapkan songket sebagai warisan budaya tak benda pada 2013.

Songket memiliki banyak keistimewaan jika dibandingkan dengan kain tenun lainnya, seperti corak dan ragam yang berbeda. Masing-masing songket memiliki makna tersendiri.

Menurut cerita, kain songket berasal dari pedagang China, yang membawa sutra, pedagang India dan Timur Tengah, membawa emas, sehingga terciptalah kain songket berlapis emas di tangan penduduk asli Palembang.

Nah, songket sendiri memiliki aneka ragam jenis loh, mau tahu apa saja? Simak yuk.

1. Songket Lepus

Dikenal sebagai songket pertama kali yang ada di Palembang, kata Lepus memiliki makna harfiah yakni menutupi.

Sehingga songket Lepus berarti kain songket yang menutupi oleh anyaman benang emas. Lepus sendiri terbagi menjadi tiga, Lepus Berekam Berantai, dan Lepus Penuh.

2. Songket Bunga

Songket Bunga memiliki dua jenis, yakni Bunga Emas dan Bunga Pacik, keduanya pun dibedakan atas penggunaan jenis benang.

Songket Bunga Emas banyak digunakan penduduk keturunan Tionghoa. Songket Bunga Pacik dibuat dari benang kapas putih sering digunakan oleh keturunan Arab.

3. Songket Limar

Songket Limar dikenal dengan jenis songket warna-warni, kata Limar sendiri memiliki makna etimologis warna-warni.

Untuk menghasilkan benang yang berwarna-warni songket harus dilakukan pencelupan.

4. Songket Tabur

Seperti namanya, di songket tabur terdapat bunga dan bintang yang bertaburan. Songket Tabur sendiri memiliki tiga jenis, yakni Songket Tawur Lintang, Songket Tawur Nampan Perak, dan Songket Tawur Tampak Magis.

5. Songket Tretes

Songket ini hanya memiliki motif di bagian ujung-ujung kain, sedangkan pada bagian tengah dibiarkan kosong tanpa motif.

6. Songket Rumpak

Songket ini merupakan bagian dari pakaian pengantin laki-laki Palembang. Motifnya hampir sama dengan Songket Tretes, tetapi kain yang digunakan sudah memiliki dasar motif berbentuk kotak-kotak seperti kain sarung.

Itulah sejarah singkat Songket Palembang dan ragam jenisnya, jika Anda sedang berkunjung ke Bumi Sriwijaya jangan lupa untuk membelinya ya.

Sumber: jpnn

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply