Menikmati Jernihnya Air dengan Keindahan Alam di Wisata Banyu Ciblon Lestari Temanggung

Wisata Banyu Ciblon Lestari (BCL), merupakan destinasi menarik untuk bermain air. Airnya sangat jernih dengan udara sejuk. Bahkan diyakini air bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Destinasi wisata air ini berada di Desa Tlogowero, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Tempatnya sangat asri dan menawarkan wisata alam. Kolam air benar-benar alami dengan lantai masih pasir dan batu. Tidak menggunakan keramik. Air murni langsung dari sumber mata air.

Berada di lahan dengan luas sekitar 1 hektare di ketinggian dari 1500 mdpl membuat wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi. Sebelum dibangun wisata, daerah tersebut hanya digunakan untuk kebutuhan biasa.

Air kolam asli dari mata air Gemuk Malang. Wisata ini mengunggulkan kondisi alam, dengan pengelolaan dari pemerintah desa. Hal ini sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat untuk berdagang di sekitar lokasi wisata tersebut.

Pemerintah desa membebaskan bagi masyarakat yang ingin berjualan. Ke depan, desa berencana membuat stand khusus untuk berjualan para pelaku UMKM khas Desa Tlogowero.

“Pengunjung terbanyak pernah tembus 4000 orang sehari. Sehingga bisa kita gunakan untuk membangun dan memperbaiki fasilitas,” kata Kepala Desa Tlogowero, Viking F Sudaryo.

Warga sekitar mempercayai air di tempat tersebut bisa menjadi perantara pengobatan. Seperti sakit gigi dan sakit ringan lainnya. Aliran air tidak boleh diganti atau dibangun. Apabila diganti tidak mengalir.

Saluran air juga harus menggunakan bambu, tidak boleh menggunakan besi atau paralon. Pengunjung bisa masuk ke objek wisata ini dengan harga Rp 8 ribu dan sudah termasuk parkir.

“Masyarakat banyak merasakan manfaat dari wisata ini. Saya berharap ke depan Desa Tlogowero bisa semakin dikenal. Sehingga ekonomi meningkat,” akunya.

sumber: radarsemarang.id

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar