Minum Sisa Kopi Semalam, Amankah untuk Kesehatan?

Mari kita akui bersama, ada saatnya kamu terlalu lelah sehingga sulit untuk fokus —berarti rela menyeruput kembali sisa kopi yang tertinggal di meja hampir sepanjang hari, atau semalaman.

Jika kamu menyeduh kopi secara manual, baik menggunakan french press atau pour over, yang membutuhkan kekuatan ekstra, maka akan berarti kerja keras itu terbuang sia-sia, begitu melihat kopi yang tertinggal dan tidak terminum.

Lagipula, kopi sisa hanya terbuat dari air, bukan? Mengutip Eat This, beberapa ahli kopi dan keamanan makanan mengungkap hal-hal mengenai meminum kopi sisa —dan mengapa mereka merekomendasikan kamu untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Jadi, apakah itu berarti tidak aman untuk meminum kopi sisa?

Ilustrasi menuang kopi Foto: Shutter Stock

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi menuang kopi Foto: Shutter Stock

Kalau kopi sisa yang kamu maksud adalah kopi yang telah duduk di meja kantor selama beberapa jam, kamu tidak perlu terlalu khawatir.

“Melihat (jumlah) mikrobanya, sisa kopi relatif aman untuk diminum,” kata Bryan Quoc Le, PhD. “Kopi hitam adalah media yang relatif buruk untuk pertumbuhan mikroba karena tidak ada nutrisi yang tersedia seperti gula atau protein.”

Namun, minum kopi sisa perlu kamu pertimbangkan lagi bila meninggalkannya dalam teko selama satu, bahkan dua hari. Kopi dapat mulai menumpuk sejumlah jamur atau produk sampingannya, yang menurut Dr. Le dapat memengaruhi beberapa individu terkena alergi.

Sedangkan, untuk kopi yang mengandung susu, kamu hanya dapat meninggalkannya dalam suhu ruangan selama dua jam —menurut pedoman keamanan pangan CDC. Juri Barista Internasional, Tuti Mochtar, juga mengungkapkan kalau tidak semua jenis sajian kopi baik utnuk diminum kembali usai didiamkan lama, misalnya kopi susu.

© Disediakan oleh Kumparan

“Kalau kopi yang ada susunya kan biasanya dipesan untuk dingin, terus kita bawa-bawa di tas atau dipegang sambil jalan, lama-lama suhunya berubah jadi hangat. Kopi susu itu enggak baik kalau disimpan-simpan, karena ada campuran produk dairy. Jadi, sebaiknya sekali minum saja,” jelasnya.

Salah satu masalah kopi ada di rasanya, dan hilangnya manfaat kesehatan

Ilustrasi kopi dingin dari kulkas Foto: dok.shutterstock

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi kopi dingin dari kulkas Foto: dok.shutterstock

Meski cenderung aman, salah satu alasan mengapa para ahli merekomendasikan kamu untuk berhenti minum kopi sisa adalah karena rasanya. Dr. Le menjelaskan kalau salah satu aroma utama dalam kopi sangat rentan terhadap oksidasi. Begitu molekul ini teroksidasi, kopi dengan cepat kehilangan aroma dan rasanya.

“Saya tidak akan merekomendasikan minum kopi berumur (lebih dari) sehari hanya karena rasanya. Bahkan jika kamu menyimpannya di lemari es, maka kopi bisa saja kehilangan rasa dan menjadi basi,” ungkap Yurii Brown, barista bersertifikasi. “Mungkin juga (kopi) menyerap bau dari dapur atau makanan dalam lemari es. Hasilnya, kamu akan mendapatkan secangkir minuman aneh —entah rasanya seperti air terbakar dan berbau lemari es.”

Tidak hanya itu, kamu perlu pertimbangkan pula manfaat kesehatan kopi sisa bila dibiarkan terpapar udara. “Bahan-bahan seperti antioksidan (dalam kopi) dapat terdegradasi seiring waktu,” kata Julien Raby, pendiri dan pemilik Coffee-Works.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menyimpan kopi sisa?

Ilustrasi menyimpan kopi Foto: Safira Maharani/kumparan

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi menyimpan kopi Foto: Safira Maharani/kumparan

Banyak ahli yang menyarankan kamu untuk berhenti menyimpan kopi sisa di suhu ruang, dan segera menyimpannya dalam lemari es. Lemari pendingin memungkinkan penghentian pertumbuhan bakteri, dan kamu dapat minum es kopi sebagai penggantinya.

“Jika kamu menyimpan kopi yang diseduh di lemari es, maka sebaiknya disimpan selama 3-4 hari,” kata Julien. “Kalau sudah disimpan di luar di bawah suhu ruangan, coba habiskan kopi dalam waktu 12-24 jam. Kalau tidak bisa, buang, setelah itu karena sudah tidak bisa diminum lagi,” tambahnya.

Namun, saat kamu masih ingin mengonsumsi kopi yang berkualitas, hindarilah meminum sisa kopi. Caranya sederhana, ya jangan menyeduh terlalu banyak kopi. Tidak hanya itu, bubuk kopi juga perlu diperhatikan, lho! Simpan bubuk atau biji kopi dalam wadah kedap udara. Dengan ini, kebiasaan minum kopi kamu akan lebih sehat.

sumber: kumparan

Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply