Mudah, Cara Membuat Pupuk Organik dari Rumput Liar

Kehadiran pupuk liar yang tumbuh di halaman rumah atau bahkan di sekitar tanaman budidaya tentu sangat meresahkan. Jika tumbuh di sekitar tanaman budidaya, rumput liar menjadi gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman budidaya.

Ilustrasi rumput liar yang bisa diolah menjadi pupuk

Ilustrasi rumput liar yang bisa diolah menjadi pupuk© SHUTTERSTOCK/SIMON KADULA

Meski mengganggu, rumput liar ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (19/4/2023), rumput mengandung unsur hara makro dan mikro yang bermanfaat untuk tanaman.

Tak hanya itu, cara membuat pupuk organik dari rumput liar juga tidak sulit. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Bahan dan alat

Sebelum membuat pupuk organik, siapkan bahan dan alat seperti berikut:

  • Rumput liar
  • EM4
  • Gula
  • Dedak
  • Air
  • Ember

Cara membuat pupuk organik dari rumput liar

Proses pembuatan pupuk dari rumput liar diawali dengan mencacah rumput yang sudah dikumpulkan. Setelah itu, masukkan rumput liar ke dalam ember.

Tambahkan larutan EM4 yang terbuat dari 1 ml EM4 + 1 gram atau 1 ml gula + 1 liter air. Setelah itu, tambahkan dedak.

Pemberian dedak bertujuan untuk mempercepat proses fermentasi. Kemudian, tambahkan lagi larutan EM4 sampai seluruh bahan tersiram.

Tutup ember dan diamkan selama 2 hingga 3 hari. Ember perlu dibuka setiap hari untuk mengurangi gas, lalu tutup ember kembali.

Pupuk yang sudah terfermentasi sempurna akan memiliki warna coklat dan beraroma seperti tape atau alkohol. Pupuk tersebut sudah bisa diaplikasikan ke tanaman untuk memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan kesuburan tanaman.

sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar