Pahit Tapi Manjur, Ini 5 Manfaat Jintan Hitam Untuk Kesehatan!

Menjaga kesehatan merupakan kewajiban semua orang. Mumpung masih segar bugar, Ladies wajib banget nih rajin olahraga dan supply tubuh dengan vitamin. Nah, cara mendapatkan vitamin ini bisa macam-macam. Ada cara modern, ada pula yang tradisional. 

Dengan minum jintan hitam setiap harinya, Ladies akan mendapat manfaat yang luar biasa. Hal ini terjadi karena Jintan hitam mempunyai banyak kandungan yang bisa digunakan untuk mengobati macam-macam penyakit! 

1. Mengatasi Diabetes

diabates© Disediakan oleh Beautynesia diabatesdiabates/sumber:pixabay.com

Jintan hitam bisa digunakan untuk mengontrol kadar gula dalam darah, loh! Itulah kenapa banyak dokter yang merekomendasikan jintan hitam untuk diminum pasien. Sudah terbukti lewat berbagai macam riset, Jintan hitam bisa digunakan untuk mengurangi kadar gula dalam darah. 

2. Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

Ladies yang masih sering konsumsi junk food sangat dianjurkan buat mencoba jintan hitam. Pasalnya, jintan hitam bisa digunakan untuk mengurangi kadar kolestrol jahat dalam darah. Tak hanya itu, jintan hitam juga bisa menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh. 

3. Obat Penyakit Asma

asma© Disediakan oleh Beautynesia asmaasma/sumber:pixabay.com

Penderita asma yang tak kunjung sembuh bisa mencoba menambahkan bubuk jintan hitam untuk mempercepat proses penyembuhan. Penambahan jintan pada obat asma bisa menurunkan frekuensi batuk. Akhirnya, fungsi kerja paru-paru pun bisa terjaga. 

4. Salah Satu Obat Penyakit Kanker

Senyawa antioksidan etanol yang terkandung dalam jintan hitam bisa menghambat sel kanker ganas berkembang. Hal ini sudah dibuktikan dengan riset pada tikus lab dalam sebuah percobaan. 

Kandungan etanol dalam habbatussauda (jintan hitam) bisa mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri terjadi ketika radikal bebas dalam tubuh menumpuk secara berlebihan, yang bisa menyebabkan kanker itu sendiri. 

5. Mengobati Alergi

alergi© Disediakan oleh Beautynesia alergialergi/sumber:pixabay.com

Siapa sangka, dengan konsumsi jintan hitam bisa menurunkan gejala alergi semacam hidung berair, hidung gatal dan bersin-bersin. Ladies yang menderita sinusitis juga kemungkinan bisa sembuh dengan konsumsi rutin jintan hitam. Pasalnya, di dalamnya terkandung efek analgesik, antimikroba, antioksidan dan lain-lain.  Kandungan-kandungan inilah yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, dengan catatan dikonsumsi secara rutin. 

Nah, itu dia manfaat konsumsi jintan hitam bagi kesehatan. Meski rasanya lumayan pahit, namun manfaatnya sangat besar.

Sumber: beautynesia

Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply