Penemuan Fosil Gajah Purba di Situs Patiayam Menjadi Objek Wisata Baru

Sebuah penemuan menarik terjadi di Situs Patiayam Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Fosil gajah purba jenis elephas yang hampir utuh ditemukan dan akan dijadikan bangunan objek wisata tambahan di kawasan Situs Patiayam.

Menurut Koordinator Museum Purbakala Patiayam Kudus, Jamin, penemuan fosil gajah purba jenis elephas dalam kondisi hampir utuh merupakan yang pertama kali terjadi. Selama ini, fosil yang ditemukan mayoritas adalah jenis stegodon dan tidak dalam kondisi utuh.

Karena fosil gajah purba ini hampir utuh, rencananya tidak akan diangkat dan dibawa ke Museum Patiayam. Sebaliknya, akan dibuatkan bangunan khusus untuk memamerkan fosil ini kepada pengunjung. Dengan adanya bangunan baru ini, Situs Patiayam akan menawarkan objek wisata tambahan selain gardu pandang dan Museum Patiayam Kudus yang sudah ada.

Fosil gajah purba ini diperkirakan berusia antara 300 ribu hingga 500 ribu tahun, lebih muda dibandingkan jenis stegodon yang usianya berkisar antara 750 ribu hingga 1,5 juta tahun. Penemuan ini menjadi sebuah pencapaian yang signifikan dalam pemahaman kita tentang kehidupan purba di Jawa Tengah.

Jamin mengakui bahwa penemuan fosil gajah purba sudah pernah terjadi sebelumnya, namun jenis elephas adalah yang pertama kali ditemukan. Penemuan ini dilakukan oleh seorang warga desa pada bulan November 2023 dan segera dilaporkan kepada atasan. Keberuntungan datang ketika pada tanggal 16 November 2023, Yayasan Dharma Lestari mengunjungi situs ini dan memberikan respons positif. Mereka siap membantu dalam proses ekskavasi dengan menerjunkan tim ahli.

Keberadaan fosil gajah purba ini akan memberikan pengalaman yang unik bagi pengunjung. Mereka tidak hanya dapat melihat koleksi fosil purba yang ada di Museum Patiayam, tetapi juga dapat mengunjungi lokasi penemuan fosil ini. Hal ini akan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melihat langsung jenis lapisan tanah di tempat penemuan fosil. Selain menjadi objek wisata, penemuan ini juga dapat digunakan sebagai bahan edukasi, terutama bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan purba di Jawa Tengah.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Situs Patiayam dan melihat fosil gajah purba ini, disarankan untuk memesan tiket terlebih dahulu. Dengan memesan tiket sebelumnya, Anda dapat menghindari antrian dan memastikan bahwa Anda dapat mengunjungi situs ini pada tanggal yang Anda inginkan.

Penemuan fosil gajah purba jenis elephas di Situs Patiayam merupakan sebuah penemuan yang penting dalam dunia arkeologi. Dengan dijadikannya fosil ini sebagai objek wisata tambahan, kita dapat meningkatkan pemahaman kita tentang sejarah dan kehidupan purba di Jawa Tengah. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Situs Patiayam dan melihat fosil gajah purba ini dengan mata kepala sendiri.

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar