Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Bernuansa Imlek, Termasuk Petak Sembilan

Perayaan tahun baru Imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15. Malam tahun baru Imlek dikenal sebagai chu xi yang berarti “malam pergantian tahun”. Pada 2022 ini, tahun baru imlek jatuh pada 1 Februari mendatang.

Destinasi Wisata Bernuansa Imlek

Sebagai rekomendasi, berikut 5 destinasi wisata bernuansa imlek yang bisa dikunjungi saat libur imlek mendatang:

1. China Town Klenteng

China Town Klenteng berada di Jalan Klenteng, Kota Bandung, Jawa Barat. China Town Klenteng dirancang untuk menyampaikan pesan kedamaian dan keberagaman. Tempat ini memiliki 77 kios usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM yang berdiri di atas lahan seluas 3.000 meter persegi.

China Town Bandung diresmikan pada 2017, dan menjadi bukti buah pikir pengusaha dengan Perhimpunan Sosial Masyarakat Bandung atau Permaba demi memberi nilai lebih bagi bangunan tua bernuansa Tiongkok di daerah Bandung.

2. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Klenteng ini memiliki makna ‘gua tiga orang sakti’, yang merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang laksamana Tiongkok beragama Islam bernama Zheng He atau Sam Poo Kong.

3. Pasar Imlek Semawis

Berlokasi di Semarang, Pasar Imlek Semawis kerap menggelar acara perayaan tahun baru Imlek. Di pasar ini juga terdapat stand kuliner, aksesoris, kostum, kesenian, kuliner hingga mainan khas etnis Tionggia. Selain itu, ada pula pertunjukkan seperti permainan toya, aksi beladiri khas China seperti wushu, barongsai, hingga pertandingan Xiang Qi.

4. Klenteng Hong Tiek Hian

Klenteng Hong Tiek Hian berada di Surabaya, Jawa Timur, dan menjadi klenteng paling tua di Surabaya. Klenteng ini turut menjadi pusat kemeriahan perayaan tahun baru Imek. Pengunjung juga bisa mendatangi Kya-kya Kembang Jepung untuk menikmati surga wisata kuliner khas Tionghoa.

5. Petak Sembilan

Jelang perayaan Imlek, kawasan Petak Sembilan yang berada di Jakarta menjadi tempat yang banyak didatangi masyarakat. Tempat ini memiliki ornemen berwarna merah dan emas yang menghiasi sepanjang Jalan Kemenangan Raya, Glodog, Tamansari, Jakarta. Berjalan menyusuri jalan pasar, terlihat di kiri kanan ruko-ruko yang menjajakan lampion, hio, dupa, jinzhi (uang arwah), baju Imlek cheongsam (pria) dan changshan (wanita). Sampai ujung jalan, terdapat ruko menjajakan dupa, kue keranjang, ampolop angpau, hingga menjual berbagai jenis kue, permen dan camilan.

 

sumber: tempo.co

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply