Rekomendasi 5 Kuliner Khas Pacitan yang Jarang Dijumpai

Pacitan merupakan sebuah wilayah di Jawa Timur yang sejak dahulu terkenal akan keindahan alamnya. Pacitan menawarkan berbagai destinasi wisata bernuanasa alam, mulai dari pantai hingga gua yang dapat Anda kunjungi dan jelajahi. Selain itu, Pacitan juga memilikki berbagai kuliner khas yang sayang kalau Anda lewatkan ketika berkunjung ke Kota 1001 Gua ini.

Berikut ini beberapa kuliner khas Pacitan yang dapat Anda coba.

1. Sego Tiwul

Sego Tiwul merupakan salah satu kuliner yang wajib Anda coba ketika berada di Pacitan. Tiwul merupakan salah satu makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat Pacitan. Tiwul sendiri merupakan olahan makanan yang terbuat dari ketela pohon atau singkong yang dikeringkan. Sejatinya, Tiwul merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Pegunungan Sewu, seperti Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan. Namun, Tiwul khas Pacitan memilikki warna yang lebih coklat. Pada umumnya, sego tiwul disajikan dengan berbagai macam lauk pauk serta olahan sayuran.

2. Ikan Kelong

Ikan kelong merupakan salah satu kuliner khas pesisir Pacitan. Ketika berkunjung di daerah pesisir Pacitan, Anda akan mudah menemui rumah makan makan yang menyajikan ikan kelong. Pada umumnya, ikan kelong disajika dengan goreng tepung dan dinikmati bersama dengan sego tiwul.

3. Sayur Kalakan

Bagi Anda pecinta pedas, sayur kalakan menjadi salah satu kuliner yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Pacitan. Sayur ini terbuat dari ikan asap dan memilikki bentuk penyajian yang unik karena menyerupai sate. Sayur ini biasanya menjadi pasangan ketika Anda menyantap sego tiwul.

4. Punten

Punten merupakan kuliner khas dari Pacitan yag berbahan dasar beras dan dimasak menggunakan santan. Punten memilikki rasa gurih dan disajikann dalam bentuk potonga kotak. Punten termasuk jenis makanan ringan dan cocok untuk menjadi cemilan.

5. Tahu Tuna

Bagi Anda yang sedang berkunjung di Pacitan dan ingin membawa oleh-oleh bagi kerabat, Anda dapat membawa tahu tuna. Tahu ini mirip dengan tahu bakso, hanya saja isian di dalam tahu berisi gilingan ikan tuna. Oleh-oleh ini akan mudah Anda temui ketika berkunjung di Pacitan.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Leave a Comment