Rute Shuttle Bus Damri Stasiun KA Cepat Tegalluar-Kota Bandung, Gratis sampai 30 September

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) bekerja sama dengan Perum Damri untuk menyediakan shuttle bus bagi para penumpang yang turun di Stasiun Kereta Api Gedebage.

Dengan adanya shuttle Damri, para penumpang akan dengan mudah mengakses Stasiun KA Cepat Tegalluar dan sebaliknya. Serta mempermudah penumpang kereta cepat dari Tegalluar menuju Kota Bandung.

“Jika ingin menggunakan KA Cepat, nanti dari Stasiun Cimekar dan juga Stasiun Gedebage akan ada shuttle bus,” kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa kepada wartawan saat uji coba KCJB, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

Layanan shuttle Damri ini sudah tersedia sejak 18 September, atau sejak periode uji coba kereta cepat.

“DAMRI bekerjasama dengan @keretacepat_id menyediakan layanan Shuttle Bus DAMRI Gratis dari dan menuju stasiun Tegalluar dengan tujuan kota Bandung, 18-30 September 2023 nih Sob! Ga bingung lagi kan gimana pergi ke kota Bandung,” tulis Damri dikutip dari akun Instagram resmi @damriindonesia, Senin (25/9/2023).

Rute Shuttle Damri Stasiun KA Cepat Tegalluar-Kota Bandung

1. Stasiun Tegalluar – Pool DAMRI Gedebage:

Via Stadion Gelora Bandung lautan Api- Masjid Apung Summarecon Mall Bandung – Stasiun Gedebage – Lotte Mart Soekarno-Hatta Bandung – Jalan Soekarno-Hatta

Dari Stasiun Tegalluar 09.00 WIB dan 14.00 WIB Tersedia Setiap Hari

2. Pool DAMRI Gedebage- Stasiun Tegalluar

Via Stasiun Gedebage – Summarecon Mall Bandung – Masjid Apung – Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Dari Pool DAMRI Gedebage 09.00 WIB dan 14.00 WIB Tersedia Setiap Hari

Jadwal layanan menyesuaikan jadwal kereta KCJB dan selama masa uji coba, shuttlle bus Damri ini gratis.

Untuk informasi dan pemesanan hubungi WhatsApp DAMRI Cabang Bandung 0852 2352 9964. Atau bisa juga lewat aplikasi DAMRI.

KCIC memang sudah memulai uji coba kereta cepat sejak Jumat (15/9) bagi warga sekitar proyek KCJB dan untuk masyarakat umum mulai Senin (18/9). Uji coba akan berlangsung sampai 30 September.

Selain kelancaran operasional kereta dan fasilitas di stasiun, konektivitas para penumpang dari stasiun KA cepat dengan transportasi umum lainnya juga jadi perhatian.

“Kita memastikan selalu aksesibilitas ini merupakan salah satu poin utama yang sangat penting untuk operasional KA Cepat, karena bagaimana pengguna jasa ini bisa dengan mudah mencapai Stasiun KA Cepat,” ujar Eva.

Ia menerangkan, bagi masyarakat yang ingin menuju pusat Kota Bandung, dapat memanfaatkan fasilitas shuttle bus Damri.

Penumpang cukup turun di stasiun KA Cepat Tegalluar dan beralih menggunakan shuttle bus, kemudian akan diantar menuju Stasiun Gedebage.

Eva menambahkan, KCIC juga terus menyempurnakan aksesibilitas penunjang jalan di area Stasiun Tegalluar. Seperti dengan membuka akses tol yang dekat dengan stasiun KA cepat.

Hingga saat ini pihaknya terus berkoordinasi bersama Jasa Marga untuk mendukung aksesibilitas penunjang lainnya yakni pembukaan akses Tol KM 151 A dan 151 B yang akan dibuka dalam waktu dekat ini.

“Sejumlah area lainnya itu bisa langsung melalui akses Jembatan Cibiru yang sudah kita buka dan juga dengan kerjasama bersama Jasa Marga akses tol di KM 149 juga sudah dibuka ya saat ini,” tuturnya.

“Selanjutnya yang sedang proses pengerjaan, akses tol KM 151 A dan 151 B itu yang mengarah ke Jakarta dan juga yang mengarah ke Cileunyi sedang dalam proses dan akan dibuka dalam waktu dekat,” ujarnya.

KCIC juga menyiapkan transportasi umum untuk menuju Kota Bandung dari Stasiun Padalarang.

“Selain KA feeder, masyarakat juga bisa memanfaatkan Commuterline Bandung Raya, Trans Metro Pasundan rute Alun-Alun-KBP, Damri rute Alun-Alun Bandung-Situ Ciburuy (Via Cimahi) serta rute usulan St Padalarang–Lembang oleh KBB, serta angkutan perkotaan rute Padalarang-Rajamandala, Padalarang-Cimahi–Leuwipanjang, dan Padalarang-Cimahi,” kata Eva seperti diberitakan Kompas.tv pada Selasa (5/9/2023).

Sumber: kompas.tv

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply