Syarat Naik Pesawat Lion Air, Batik Air, dan Wings Air Per 5 April

Maskapai penerbangan Lion Air (JT), Wings Air (IW), dan Batik Air (ID) menerapkan syarat untuk calon penumpang rute penerbangan domestik pada masa pandemi Covid-19, mulai Selasa (5/4/2022).

Adapun syarat tersebut sesuai dengan isi Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 36 Tahun 2022.

Dilansir dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Senin (4/4/2022), berikut syarat untuk calon penumpang Lion Air, Wings Air, dan Batik Air sebelum terbang:

Syarat vaksinasi, tes Antigen, dan tes PCR

Wings Air di Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Wings Air di Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

  • Calon penumpang yang sudah memperoleh vaksin dosis ketiga (booster) dan berusia di atas enam tahun, tidak memerlukan tes Antigen atau RT-PCR.

  • Calon penumpang yang baru divaksinasi dosis kedua dan berusia di atas enam tahun, wajib menyertakan hasil negatif tes Antigen dengan masa berlaku 1 x 24 jam, atau hasil negatif RT-PCR yang berlaku 3 x 24 jam.

  • Calon penumpang yang baru divaksinasi dosis pertama dan berusia di atas enam tahun, memerlukan hasil negatif tes RT-PCT dengan masa berlaku 3 x 24 jam.

  • Calon penumpang yang belum, atau tidak dapat melakukan vaksinasi dengan kondisi kesehatan khusus atau memiliki penyakit komorbid dan berusia di atas enam tahun, memerlukan hasil negatif RT-PCR yang berlaku 3 x 24 jam, serta surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah bahwa penumpang belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19 .

  • Calon penumpang anak yang berusia di bawah enam tahun, dikecualikan dari syarat vaksinasi dan tidak memerlukan hasil tes Antigen, atau RT-PCR. Namun, wajib didampingi oleh pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan

pemeriksaan Covid-19.

 

“Selama pemberlakuan SE Nomor 36 Tahun 2022, penetapan kapasitas angkut (load factor) pesawat udara dapat dilaksanakan 100 persen,” tutur Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

Danang juga memastikan kondisi kesehatan personel pesawat udara dan petugas layanan darat (ground staff) yang bertugas dalam kondisi memenuhi kualifikasi kesehatan.

“Seluruh armada Lion Air juga dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat, guna menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9 persen jenis virus, kuman, serangga dan bakteri,” imbuhnya.

 

Syarat tambahan untuk penerbangan rute domestik

Pesawat Lion Air Airbus 330-900 Neo.

Pesawat Lion Air Airbus 330-900 Neo.

 

Sebagai tambahan, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan calon penumpang Lion Air, Batik Air, dan Wings Air sebelum melakukan perjalanan udara:

  1. Mempersiapkan dan memenuhi dokumen kesehatan sesuai syarat yang berlaku.

  2. Tiba lebih awal di bandara keberangkatan, guna meminimalisir antrean.

  3. Menginformasikan kepada petugas di darat apabila sedang hamil, sakit, atau memiliki kondisi khusus, yang dapat membahayakan diri sendiri dan mengganggu kenyamanan penumpang lain saat melakukan perjalanan.

  4. Unduh aplikasi Lion Air, Batik Air dengan memanfaatkan fitur check-in daring:

  • Calong penumpang yang tidak membawa bagasi tercatat dapat langsung ke ruang tunggu.
  • Calon penumpang dengan membawa bagasi tercatat, wajib lapor ke konter check-in Lion Air Group khusus penumpang check-in online. 
  1. Petugas check-in akan menimbang bagasi di konter check-in guna menentukan apakah bagasi memenuhi persyaratan. Apabila melebihi 20 kilogram (kg), maka penumpang dikenakan biaya tambahan sesuai aturan Lion Air Group.

 

  1. Penumpang tidak diperkenankan membawa barang berbahaya.

  2. Ketika di konter check-in, pastikan bagasi bertanda khusus (dilabeli) sesuai data penerbangan dan destinasi yang tepat. Nomor tanda terima bagasi dan bagasi terdaftar harus sama.

  3. Sistem konter check-in tutup 30 menit sebelum keberangkatan.

  4. Sistem ruang tunggu tutup 10 menit sebelum keberangkatan.

  5. Unduh dan mengisi ketentuan di aplikasi PeduliLindungi.

  6. Seluruh awak pesawat dan penumpang wajib mengenakan masker, menjaga kebersihan di pesawat udara. Selain itu, siapkan masker cadangan dan cairan pembersih kuman pada tangan (hand sanitizer).

 

sumber: kompas.com

Author: Ido Insight

Tinggalkan komentar