Tips Aman Saat Bertemu Ular Laut Ketika Wisata Bahari

Melakukan wisata bahari seperti snorkeling atau berjalan-jalan di pantai adalah sesuatu yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Menyenangkan saat mendapat pengalaman baru, melihat dari dekat makhluk air, namun, mendebarkan saat bertemu predator serta hewan berbahaya lainnya seperti ular laut. Mengutip atas marinepatch, ikuti tips ini saat bertemu ular laut.

1. Tenangkan Diri dan Jangan Gegabah

Sebagian besar ular laut sebenarnya individu yang tidak terlalu agresif terhadap manusia, karena mereka cenderung berdiam diri terutama ular laut yang nokturnal. Kegiatan snorkeling di pagi hari dirasa aman karena mereka masih dalam mode istirahat. Oleh sebab itu, jika bertemu ular laut adalah tidak perlu agresif untuk menjauhi. Penglihatan ular laut sangat tajam, sehingga disarankan untuk tenang dan membuat sedikit pergerakan saat berenang menjauhi.

2. Hindari Kontak Fisik dengan Ular Laut

Beberapa orang yang belum tahu, ular laut dengan corak menarik termasuk ular berbisa yang mematikan. Maka, jangan sekali-kali coba untuk mendekati bahkan menyentuh, mereka sensitif dan tak segan agresif kepada manusia yang dianggap mengganggu keberlangsungan hidup ular laut.

3. Mengenakan Alat Pelindung yang Menutupi Tubuh

Ular laut banyak yang memiliki tarik pendek, meskipun ada yang tidak berbisa sebagian dari mereka masih dapat mengoyak musuh dengan taringnya. Perhatikan alat pelindung pada tubuh ketika melakukan snorkeling, selain itu, pakaian yang tertutup juga dapat menghindarkan dari sengatan hewan lain yang bersifat iritan.

4. Segera Berpindah

Bergeraklah secara perlahan namun pasti, sesegera mungkin hindari berdekatan dengan ular laut untuk menghindari kemungkinan risiko buruk. Lakukan hal ini saat ular sudah menjauh dari posisi yang berdekatan dengan manusia. Hindari tempat-tempat di dalam laut yang memiliki celah tertentu seperti terumbu karang karena itu bisa jadi tempat persembunyiannya.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar