Tips Memotret supaya Dapat Foto Keren saat Traveling

Traveling dan memotret menjadi hal yang tidak terpisahkan. Foto-foto yang dihasilkan mengabadikan momen-momen menyenangkan dan mencipatakan kenangan selama liburan. Nah, bagaimana menghasilkan foto-foto keren saat traveling?

Mengambil foto terbaik selama perjalanan melibatkan kombinasi keterampilan teknis, kreativitas, dan pemahaman tentang kamera. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa tips untuk membantu mengambil foto perjalanan yang berkesan dan menakjubkan

1. Bangun pagi hari

Matahari terbit dianggap sebagai waktu terbaik untuk mengabadikan keindahan alam. Bagi penggemar fotografi, cahaya yang baik adalah salah satu unsur terpenting untuk menghasilkan foto terbaik. Cahaya awal yang hangat dan lembut menghasilkan beberapa gambar yang bagus. Hindari sinar matahari tengah hari yang terik, karena dapat menciptakan bayangan yang kuat dan pencahayaan berlebih.

2. Kenali perlengkapan

Mengetahui perlengkapan yang dibawa adalah faktor penting lainnya. Jadi pelajari pengaturan kamera atau ponsel, pahami cara mengatur eksposur dan fokus, dan hal lainnya. Bersihkan lensa kamera sebelum memotret untuk menghindari gambar buram atau kabur.

3. Rencanakan pemotretan

Teliti tujuan dan rencanakan pemotretan yang ingin dilakukan. Pertimbangkan waktu terbaik dalam sehari untuk kondisi pencahayaan tertentu. Waspadai adat istiadat dan hukum setempat mengenai fotografi karena ada beberapa lokasi yang tidak boleh difoto atau orang-orang yang tidak difoto.

4. Komposisi, ketahui aturan sepertiga

Aturan sepertiga sangat penting dalam menangkap gambar yang mengagumkan. Bagi bingkai secara imajinatif menjadi tiga bagian secara horizontal dan vertikal, dan tempatkan subjek utama di pertemuan garis-garis pembagi ini.

5. Masukkan penduduk lokal dalam foto

Tambahkan penduduk lokal untuk menambahkan elemen manusia ke foto. Ini bisa menceritakan sebuah kisah dengan gambar. Tunjukkan budaya, lingkungan, dan emosi tempat tersebut.

6. Bicarakan sebelum mengambil foto

Wisatawan sering kali menganggap memotret orang lokal adalah hal yang wajar. Tapi untuk kenyamanan, berinteraksilah dengan orang-orang dan berbicara dengan mereka. Cobalah untuk membangun hubungan baik dan bersikap ramah sebelum meminta foto.

7. Perhatikan detailnya

Tangkap detail kecil yang mewakili esensi lokasi, seperti masakan lokal, arsitektur, atau pola unik. Jangan lupa untuk memotret tanda, peta, dan benda lain yang dapat membantu mengingat secara spesifik perjalanan ini.

8. Bawa tripod yang ringan

Tripod yang memungkinkan fotografer memegang kamera pada posisi tetap. Setelah kamera ditempatkan pada posisi yang diinginkan, akan lebih mudah memusatkan seluruh perhatian untuk mengambil gambar yang sempurna.

9. Depth of field

Gunakan aperture lebar (small f-number) untuk menciptakan kedalaman bidang yang dangkal (depth of field). Ini dapat membantu mengisolasi subjek dari latar belakang. Bereksperimenlah dengan kedalaman bidang yang berbeda untuk menambah variasi pada bidikan.

10. Stabilitas dan fokus

Gunakan tripod untuk stabilitas, terutama dalam kondisi cahaya redup atau saat mengambil bidikan eksposur lama. Pastikan subjek utama fokus. Sebagian besar kamera dan ponsel pintar memungkinkan layar diketuk untuk dapat fokus pada titik tertentu.

11. Edit dengan penuh perhatian

Setelah perjalanan, luangkan waktu mengedit foto untuk menyempurnakan warna, kontras, dan ketajaman. Jangan mengedit secara berlebihan dan tetap dengan tampilan alami yang mencerminkan suasana saat itu.

12. Jeli dan sabar

Terkadang hasil terbaik terjadi di saat yang tidak diduga. Jadi, bersiaplah mengabadikan momen spontan.

Jangan takut bereksperimen dan cobalah hal baru untuk mengembangkan gaya fotografi unik. Hal terpenting adalah menikmati momen dan mengabadikan kenangan traveling.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar