Tips Wisata Off Road di ATV Adventure Indonesia, Anak Boleh Ikutan

Masyarakat ibu kota yang mendambakan tempat wisata off road, kini punya pilihan destinasi yang berada di dalam kota.

Pencinta wisata off road bisa menjajal ATV Adventure Indonesia yang berada di daerah Cipayung, Jakarta Timur.

Obyek wisata tepatnya ini berlokasi di Jalan Raya Setu No.1, RT.5/RW.1, Setu, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Wahana outdoor ini hanya berjarak 3,3 kilometer (km) dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dengan waktu tempuh enam menit.

 

Pendiri ATV Adventure Indonesia yang akrab disapai Kikoy mengatakan, jalur (track) ATV Adventure Indonesia berada di atas lahan yang dulunya berupa kebun kosong.

Meskipun berada di ibu kota, namun pihaknya telah menyulap kebun kosong tersebut menjadi track off road yang menantang bagi pengunjung. Bahkan, lokasi ini diklaim sebagai wahana outdoor terluas di Jakarta.

“Jadi, lahan tidur saya bikin track-nya, inginnya sih yang datang ke sana bisa main ATV dengan puas,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (31/01/2022).

Jika ingin datang bersama keluarga, wisata outdoor ini tidak terbatas orang dewasa saja. Kikoy mengatakan, anak-anak pun bisa menjajal ATV off road dengan sejumlah ketentuan.

Selain itu, ATV Adventure Indonesia juga menawarkan beberapa wahana lain yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Jadi, bagi kamu yang berminat mencoba ATV off road bersama keluarga, simak sejumlah tips di bawah ini.

 

Tips wisata off road di ATV Adventure Indonesia

1. Ketahui jenis permainan dan tarifnya

Motor trail di ATV Adventure Indonesia, Cipayung, Jakarta Timur

Motor trail di ATV Adventure Indonesia, Cipayung, Jakarta Timur

 

Total, ada enam permainan yang ditawarkan ATV Adventure Indonesia kepada pengunjung. Meliputi, ATV off road, panahan, motor trail, air soft gun, berkuda, dan ATV statis atau menggantung.

“Tarifnya berbeda-beda untuk setiap permainan, tapi masih di rentang Rp 50.000 hingga Rp 150.000,” ujar Kikoy.

Pengunjung juga akan mendapatkan perlengkapan keamanan sesuai dengan jenis permainan, seperti helm, pelindung siku, pelindung lutut, dan sepatu bot.

Dengan mengetahui jenis dan tarif permainan, maka pengunjung bisa memperhitungkan persiapan dana yang dibutuhkan.

 

 

2. Pakaian nyaman

Kikoy menyarankan setiap pengunjung memakai pakaian yang nyaman dipakai untuk kegiatan outdoor. Pasalnya, kegiatan outdoor bakal mengotori pakaian pengunjung dengan lumpur dan tanah.

“Yang pasti pakaian yang enak dipakai untuk outdoor, karena pengunjung harus leluasa dan juga siap kotor,” imbuhnya.

Tak kalah pentingnya, kamu harus membawa baju ganti. Jadi, pengunjung bisa mengganti baju yang terkena lumpur saat bermain dengan baju bersih.

3. Waktu bermain ideal

ATV offroad di ATV Adventure Indonesia, Cipayung, Jakarta Timur

ATV offroad di ATV Adventure Indonesia, Cipayung, Jakarta Timur

 

Kikoy mengatakan, sebetulnya waktu bermain ideal sangat relatif, bergantung dari waktu luang pengunjung. Pekerja atau mahasiswa biasanya datang saat akhir pekan.

Adapula beberapa perusahaan yang mengadakan kegiatan outdoor di ATV Adventure Indonesia saat hari kerja.

“Tergantung kesibukannya, jika masih bekerja, kuliah, maupun sekolah memang biasanya bisa saat weekend atau holiday, tapi banyak juga yang datang saat weekday,” katanya.

Air soft gun di ATV Adventure Indonesia, Cipayung, Jakarta Timur

Air soft gun di ATV Adventure Indonesia, Cipayung, Jakarta Timur

 

Kikoy mengatakan, arena ATV Adventure Indonesia cocok untuk bermain di pagi, siang, maupun sore hari.

Jika pengunjung ingin merasakan udara segara, maka sebaiknya datang di pagi hari. Apabila pengunjung ingin bermain sembari berjemur agar badan sehat terkena sinar matahari, maka bisa datang pada siang hari.

Sedangkan, cuaca di sore hari cenderung teduh.

“Relatif ya untuk jam dan hari bermain di ATV Adventure Indonesia. Menurut saya jam berapa pun ideal sih di masa pandemi seperti ini, karena tempat kami ini outdoor bukan indoor, artinya lebih aman dari kegiatan yang indoor,” imbuhnya.

ATV Adventure Indonesia buka setiap hari. Kamu bisa mengujungi wisata outdoor ini pada Senin-Jumat pukul 10.00-17.00 WIB.

Pada akhir pekan atau libur nasional, ATV Adventure Indonesia buka lebih awal yakni pada pukul 07.00-17.00 WIB.

 

 

4. Aturan bermain untuk anak-anak

Panahan di ATV Adventure Indonesia, Cipayung, Jakarta Timur

Panahan di ATV Adventure Indonesia, Cipayung, Jakarta Timur

 

Seperti disampaikan sebelumnya, pengunjung bisa membawa anak kecil ke ATV Adventure Indonesia.

“Di tempat kami, anak-anak usia berapa pun bisa bermain,” katanya.

Namun, ada aturan yang perlu diperhatikan demi keselamatan dan kenyamanan anak saat bermain wahana. Permainan yang bisa diikuti oleh anak-anak adalah ATV off road, ATV statis, panahan, dan berkuda.

Anak-anak di bawah usia tujuh tahun, harus dibonceng oleh orangtua saat bermain ATV off road. Sedangkan, anak-anak usia di atas tujuh tahun harus menaiki ATV off road sendiri.

“Anak balita boleh dibonceng saat naik ATV, asal berhati-hati dan memperhatikan keamanan. Kalau di atas tujuh tahun harus menaiki ATV sendiri,” jelasnya.

Tak jauh berbeda, anak-anak balita yang ingin bermain ATV statis harus didampingi oleh orangtua. ATV statis ini mampu menahan berat hingga 180 kilogram.

 

Jadi, para orang tua yang ingin anak balitanya mencoba tantangan baru, bisa menaiki ATV statis ini. Tak perlu khawatir, karena pihak ATV Adventure Indonesia sudah memastikan faktor keamanannya.

Selain ATV, anak-anak juga bisa berkuda. Untuk anak usia balita, harus didampingi oleh orangtua.

Sedangkan permainan panahan, bisa dilakukan oleh anak-anak dengan minimal usia tujuh tahun.

Khusus untuk air soft gun sesuai peraturan hanya boleh dilakukan oleh anak-anak di atas usia 13 tahun. Sedangkan, pengunjung yang boleh bermain motor trail mulai usia 17 tahun, atau minimal memiliki SIM.

5. Fisik prima

Tips terakhir dan paling utama adalah pastikan fisik kamu dalam kondisi prima saat bermain di ATV Adventure Indonesia. Pasalnya, permainan outdoor ini akan cukup menguras tenaga.

Dengan fisik yang prima, maka kamu bisa menikmati permainan outdoor ini.

 

 

sumber: kompas.com

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply