Tren Perjalanan Populer 2023 dari Memilih Destinasi Wisata Unik hingga Digital Nomad

 Sebelum memasuki tahun 2024, melihat kembali tren perjalanan sepanjang tahun 2023 ternyata ada banyak tren yang berkembang. Beberapa negara mulai melonggarkan pembatasan perjalanan, yang mendorong inudstri pariwisata mulai bangkit dari keterpurukan.

Tahun 2023 menghadirkan tren perjalanan yang unik. Hal ini juga membuktikan bahwa industri perjalanan dan pariwisata terus berkembang. Di antaranya opsi perjalanan ramah lingkungan hingga digital nomad, seoerti dilansir dari laman Hindustan Times berikut ini.

1. Destinasi unik dan baru

Tren menjelajahi destinasi wisata yang unik masih digemari di sepanjang tahun 2023. Wisatawan semakin tertarik untuk mencari destinasi unik dan baru, Beberapa negara pun menjadi destinasi wisata baru seperti Vietnam, Seychelles, Azerbaijan, Kazakhstan, Maladewa, Laos, Belarus, Kolombia, Bulgaria, dan Zanzibar.

2. Perjalanan sadar iklim

Wisatawan menjadi sadar akan dampak lingkungan dan semakin menemukan cara untuk mengurangi jejak karbon, menjaga kebersihan lingkungan, menghormati budaya lokal, dan banyak lagi. Selain itu, wisawatan juga memilih akomodasi ramah lingkungan, mendukung komunitas lokal, dan memilih pengalaman etis.

3. Digital nomad

Beberapa perusahaan masih ada yang mengizinkan pekerjanya bekerja dari rumah pada tahun 2023. Hal ini memungkinkan banyak pekerja profesional menjadi digital nomad dengan bepergian secara global juga lokal sambil bekerja setiap hari. Tren digital nomad ini pun diperkirakan akan terus berlanjut pada tahun 2024 seiring dengan semakin banyaknya pekerja yang bekerja dari rumah.

4. Perjalanan Kesehatan

Perjalanan kesehatan semakin populer selama beberapa tahun dan terus meningkat pada tahun 2023. Wisatawan merencanakan perjalanan yang menawarkan kesejahteraan fisik dan mental. Misalnya, wisatawan memilih destinasi yang menawarkan retret yoga, perawatan spa, dan pengalaman makan sehat.

5. Perjalanan yang sadar harga

Daripada melakukan perjalanan mewah, wisatawan berinvestasi pada pilihan perjalanan yang sadar harga. Misalnya memilih hostel murah untuk berinteraksi dengan orang asing dan membangun persahabatan atau Airbnb dengan kelompok teman baik. Pada tahun 2023, wisatawan juga lebih memilih membeli dari pedagang lokal, memasak makanan, dan mengunjungi destinasi yang bukan destinasi populer.

 

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar