Trik Hindari Kalori Berlebih pada Kopi

Saat ini ada banyak cara menikmati kopi, termasuk menambahkan beragam campuran. Namun perlu diingat, tidak semua campuran kopi menyehatkan, ada yang malah memberikan kalori berlebih bagi tubuh.

Untuk menyiapkan kopi beraroma tanpa jumlah kalori yang terlalu tinggi, memang dibutuhkan beberapa trik. Berikut beberapa bahan yang aman dan lezat, sekaligus dapat memberikan tampilan perut tetap rata karena tanpa kalori berlebih, seperti dilansir di laman Eat This, Kamis (4/2):

1. Tambahkan selai kacang

Ahli Gizi, Malorie Thompson menyarankan untuk mencampur atau mengocok kopi hitam dengan satu sendok makan selai kacang. “Selai kacang menambah tekstur lembut, bersama dengan penambah protein dan beberapa lemak sehat. Enak sekali,” kata dia.

2. Bijak pilih pemanis

Ada lebih banyak pengganti gula saat ini, termasuk yang menyehatkan. Konsultan kesehatan, Manoli Lagos, merekomendasikan penggunaan stevia atau monk fruit, keduanya nonkalori dan tidak berdampak pada kadar gula darah. Namun, dua pemanis paling sehat yang tak lekang oleh waktu yakni madu dan sirup maple.

3. Taburkan sedikit kayu manis

Sedikit kayu manis akan sangat membantu sebagai penyedap kopi. Kayu manis sejauh ini adalah pilihan yang paling banyak disarankan para ahli. “Pengganti yang sangat bagus untuk menghidupkan secangkir kopi adalah dengan menambahkan kayu manis,” kata sepsialis endokrinologi dr. Linda Khoshaba.

Dia menyarankan pemakaian kayu manis ceylon dibandingkan cassia. Hal ini karena kayu manis jenis tersebut terbukti menurunkan glukosa darah, trigliserida, dan kadar kolesterol.

Kayu manis merupakan aditif sehat yang kuat. Selain itu juga kaya antioksidan seperti polifenol untuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

4. Pakai perasa alami

Tidak harus selalu perasa sintetik, melainkan yang berbahan alami lebih menyehatkan. Bubuk kakao, misalnya, dapat membuat kopi semakin nikmat tanpa tambahan gula. 

“Ini akan menambah rasa yang dalam dan kaya seperti moka dan sarat dengan antioksidan dan telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung,” kata dr Khoshaba.

5. Ganti krim

Krim kental dalam kopi adalah cara yang mungkin menyebabkan kembung, terutama di antara individu yang tidak toleran laktosa. Ada banyak alternatif baru yang bisa menciptakan rasa serupa seperti krim. Seorang ahli diet, Laura Gilstrap, menyarankan krim kelapa yang juga cocok dilengkapi dengan kayu manis.

“Jika saya sedang terburu-buru, kayu manis dan krim kelapa adalah cara mudah untuk membumbui kopi saya, sambil menambahkan lemak sehat dan mengurangi peradangan,” ujarnya.

sumber: republika.co.id

Bang Ferry
Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Tinggalkan Balasan