Trik Membuat Teh Hijau Jadi Lebih Sehat

Teh hijau telah banyak dikenal sebagai minuman yang kaya akan manfaat kesehatan. Satu trik sederhana ternyata bisa menambah besar efek menyehatkan dari teh hijau.

“Teh hijau mengandung katekin EGCG kuat, yang memiliki lebih dari beberapa manfaat antiinflamasi,” ujar ahli gizi fungsional Deanna Minich PhD IFMCP, seperti dilansir Mind Body Green, Selasa (9/2).

Trik sederhana untuk menambah manfaat menyehatkan dari teh hijau adalah dengan menambahkan perasan sari lemon. Penambahan sari lemon akan meningkatkan efek dari katekin pada teh hijau.

“Dan membuat katekin benar-benar bekerja lebih baik pada tubuh Anda,” ujar Minich.

Sebuah studi juga membuktikan bahwa teh hijau dengan perasan sari lemon memiliki lebih banyak antioksidan polifenol dibandingkan hanya teh hijau saja. Tentu minum teh hijau saja juga kaya akan beragam antioksidan. Akan tetapi, penambahan sari lemon dapat membuat perbedaan yang lebih baik dalam hal kandungan antioksidan ini.

Di samping itu, Journal of Food Processing and Technology mengungkapkan bahwa kandungan asam yang tinggi pada lemon meningkatkan antioksidan pada teh hijau. Hal ini membuat teh hijau dengan perasan lemon menjadi lebih mudah diserap tubuh.

Lemon juga diketahui kaya akan profil antioksidannya sendiri karena memiliki kandungan vitamin C yang besar. Vitamin C diketahui dapat menunjang imun tubuh.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mulai menambahkan perasan sari lemon ke dalam secangkir teh hijau. Tak hanya menambah efek menyehatkan, perasan sari lemon juga dapat membuat minuman ini terasa lebih menyegarkan.

Selain sari lemon, penambahan parutan kulit lemon juga dapat bermanfaat. Kulit lemon mengandung senyawa bernama salvestrol Q40 dan limonene yang dikenal memiliki sifat antioksidan. Kulit lemon juga dikatakan memiliki kandungan vitamin 5-10 kali lebih besar dibandingkan sari lemon itu sendiri.

republika.co.id

Bang Ferry
Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply